BERBAGI

SAWAHLUNTO, REPORTASEINVESTIGASI.com

SMAN 1 Sawahlunto menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di sekolahnya. Kegiatan yang diikuti 69 siswa Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini dilaksanakan Sabtu – Minggu (18-19/11).

Pembina OSIS SMAN 1 Sawahlunto Sri Sumarni menyatakan LDK ini sebagai pembekalan bagi siswa dan kepengurusan OSIS agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam menjalankan organisasi. Selama dua hari mereka akan mengikuti meteri manajemen kepemimpinan, perencanaan dan proposal kegiatan, pemecahan masalah dan mengambil keputusan, materi ketauhidan serta team work games, jelas Sri.

Pembina OSIS SMAN 1 Sawahlunto Doni Warman  menyatakan disamping materi dasar-dasar kepemimpinan, peserta LDK juga terlibat dalam team work games atau aturan selama kegiatan dengan harapan  apakah jiwa kepemimpinannya muncul atau tidak ketika diberikan beberapa kasus kecil.

Sehingga, jelas Doni  setiap kesalahan yang dilakukan oleh para siswa pasti akan selalu ada ganjaran sesuai aturan yang disepakati sejak
awal kegiatan. Dan aturan ini sebagai bentuk agar mereka lebih disiplin dan tepat waktu dalam menjalankan kegiatan serta menyelesaikan meteri dan kesimpulan setiap sesi kegiatan.

“Menjalani kegiatan LDK dapat terlihat sejauh mana daya kritis dan cara berpikir siswa ketika berada dalam tekanan. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun yang dikemas dalam bentuk permainan,” jelasnya. (tum)

LEAVE A REPLY