BERBAGI

SAWAHLUNTO,RI – Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, PT Bukit Asam Tbk menyampaikan bantuan ke beberapa daerah di Sumatera Barat. Bantuan yang diberikan Bukit Asam yakni pompa air tenaga surya untuk irigasi di Desa Talawi, Sawahlunto, pembangunan jembatan Lintau Buo di Kabupaten Tanah Datar, dan penyerahan  bus operasional sekolah di Kabupaten Agam.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Bukit Asam, Arviyan Arifin didampingi Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti di Desa Talawi Mudiak Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Senin (8/7)

Perhelatan yang dihadiri masyarakat penerima bantuan, kepala desa dan ninik mamak serta pemangku adat dikota ini Dirut Bukit Asam Arviyan Arifin menyatak dikesempatan ini Bukit Asam juga menyampaikan bantuan untuk beberapa daerah di Sumatera Barat. “ terkhusus di Sawahlunto dikarnakan area persawahan di Talawi ini memerlukan irigasi, maka perusahaan memberikan bantuan berupa pompa air bertenaga surya.

Dengan pompa air tenaga surya, sebut Dirut semoga dapat mengairi sawah yang sebelumnya tadah hujan seluas 50 hektar. Dengan system irigasi ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan masa tanam hingga 3 kali dalam setahun, sehingga mampu mendorong perekonomian masyarakat.

Bukit Asam juga meresponbencana yang menjelang akhir tahun lalu terjadi di Sumatera Barat. Banjir bandang yang      terjadi pada Oktober lalu tentunya juga memberikan kesedihan bagi Bukit Asam. Karena itu, kita telah menyampaikan bantuan berupa pembangunan kembali jembatan Lintau Buo sepanjang 12 meter yang kemarin terputus akibat adanya banjir bandang.

Gubernur Irwan Prayitno apresiasi terhadap bantuan PT Bukit Asam yang sangat peduli dengan Sumbar meski aktifitas pertambangan Ombilin saat ini makin menurun.

“ semoga semua sarana dan prasarana seperti Pompa air bertenaga surya yang sangat bermanfaat buat persawahan warga agar dipelihara dan dimanfaatkan dengan” pinta Irwan.

Dikesempatan itu Wakil walikota Zohirin Sayuti menyatakan saat ini kota Sawahlunto sangat bahagia karna diakuinya kawasan pertambangan Omblin menjadi warisan dunia oleh Unesco dan ditambanh dengan bantuan pompa irigasi bertenaga surya dari PT BA.

“ bahkan sebelumnya, PT BA juga telah memberikan bantuan buat anak sekolah serta peningkatan sarana prasarana dan beberapa iven yang digelar dikota ini” sebut Zohirin. Disamping bantuan pompa tenaga surya di Talawi Mudiak dan jembatan di Lintau Buo yang ditandai dengan penandatangan prasasti juga diserahkan kunci bus operasional sekolah kepada SMP Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam. (Inv.02)

LEAVE A REPLY