BERBAGI

PARIAMAN—Tokoh Masyarakat Koto Bangko Nagari Sei Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Ali Umar berharap kepada Pemda Provinsi Sumatera Barat, melalui Pemda Kabupaten Padang Pariaman, untuk dapat merestui dan menyutujui pendirian Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri di Koto Bangko.

Harapan itu  disampaikan Ali Umar kepada Tim Safari Ramadhan Kelompok 11 Pemda Kabupaten Padang Pariaman, Pimpinan Kabag Perekonomian Yulidarmen, SE  yang berkunjung ke Surau Kabun Koto Bangko Nagari Sei Sirah, Kamis (16/5/2019).

Menurut Ali Umar, selama ini anak-anak tamatan SLTP, (SMP/MTs) Koto Bangko Nagari Sei Sirah, menyambung sekolahnya ke Sungai Geringging pusat kecamatan, atau ke Sungai Limau dan Kota Pariaman.

“Kalau sudah ada SLTA di Koto Bangko Sei Sirah Kuranji Hulu, tentu tidak perlu lagi menyambung ketempat lain. Soalnya jarak tempuh ke SMA Sungai Geringging dari Koto Bangko 15 kilo meter dan Ke Sungai Limau 20 kilo meter dan kalau ke Pariaman mencapai 30 kilo meter.”

Menurut Ali Umar untuk lokasi pendirian SMA di Koto Bangko sudah ada tanah yang presentatif tidak ada ganti rugi dan sudah surat penyerahan bersertifikat. Sebelumnya, permohonan ini telah disampaikan kepada Bupati Padang Pariaman dan DPRD Padang Pariaman. Tetapi realisasinya belum ada.

“Kami sangat berarap sekali permohonan masyarakat Koto Bangko Nagari Sei Sirah Kuranji Hulu dikabulkan,” ujar Ali Umar yang mengaku gagal menjadi anggota DPRD Padang Pariaman pada Pemilu 2019 lalu.

Ketua Rombongan TSR 11 Kabag Perekonomian Yulidarmen, berjanji akan meneruskan pesan tokoh masyarakat Ali Umar kepada Bupati Padang Pariaman, untuk pendirian SMAN di Koto Bangko Nagari Sei Sirah.

“Kita yakin Pemda Pariaman tidak akan keberatan kalau dalam kajian kelayakan pantas didirikan SLTA di daerah itu,” ujar Yulidarmen.

Apalagi putra daerah Sungai Limau ada yang lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2019-2024 dan diperkuat  dengan anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, khususnya yang putra Koto Bangko dan umumnya Sungai Limau.

Pada kesempatan itu Yulidarmen menyerahkan bantuan dana dari Pemda Padang Pariaman Rp. 5 juta rupiah dan seperangkat al-Qur’an. Bertindak selaku penceramah Tausiyah Radisu Prawiro Tuanku  Marajo. Ikut memberikan sambutan Camat Sungai Geringging Rahmad.

Pada kesempatan itu hadir Wali Nagari Sei Sirah bersama perangkatnya dan wali korong serta ninik mamak bundo kanduang remaja dan urang sumando. Camat menyampaikan terima kasih atas kunjungan TSR kelompok 11 di Koto Bangko.

“Tidak ada yang bisa kami ucakan selain ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada Pemda Padang Pariaman,” sela Wali Nagari Sei Sirah. (aa)  

LEAVE A REPLY