BERBAGI

SOLOK SELATAN, REPORTASEINVESTIGASI.com

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Solok Selatan (Solsel), AKBP M.Nurdin mengatakan laporan kasus tindak pidana terkait Kamtibmas di wilayah hukum Polres Solsel sepanjang 2017 mengalami penurunan dibandingkan 2016. Hal itu dikatakan M.Nurdin ketika konferensi pers dengan awak media, Rabu (27/12) di Makopolres setempat.

“Jika dibandingkan 2015 terdapat 647 laporan, 2016 sebanyak 518 kasus dan di 2017 menurun menjadi 479 kasus tindak pidana,” katanya.

Menurutnya, tindak pidana paling banyak masih yang konvensional, yaitu lebih banyak didominasi oleh kejadian-kejadian seperti pengerusakan, penganiyaan yang tidak disengaja dikarenakan kesalahpahaman. Bukan tindak pidana yang terstruktur atau sudah direncanakan terlebih dahulu.

“Dalam kasus ini, peran lembaga adat, ninik mamak dan pemerintahan nagari cukup diharapkan. Untuk penyelesaian laporan tindak pidana tersebut sebanyak 221 tindak pidana atau 46 persen dari total laporan. Penyelesaian lebih pada pendekatan kekeluargaan,” lanjutnya.

Kemudian, terkait narkoba di Solsel sudah mengkhawatirkan. Sebab, jumlah yang masuk sudah semakin besar. “Terungkap atas tertangkapnya sebagian pelaku atau pengedar barang haram itu. Kita sudah punya target di 2018 untuk pengungkapan gembong kasus narkoba. Perlu adanya pemahaman orangtua dan keluarga sebab, tren pelaku lebih mengincar anak dibawah umur dikarenakan lebih mudah diperdaya untuk mengkomsumsi barang haram yang dapat merusak generasi daerah ini,” tandasnya.

Tentang WNA, pendataan dan pemantauan terus dilakukan baik dari lokasi perkebunan maupun dari perusahaan swasta yang ada di wilayah Solok Selatan.

Begitu juga mengenai pemakaian bahan peledak bagi perusahaan tambang yang ilegal tidak ada toleransi untuk mereka. Karena penggunaan bahan peledak sangat membahayakan ungkap Kapolres Solok Selatan AKBP. Mochamad Nurdin, Sik.

Pada waktu yang sama Kapolres Solok Selatan AKBP. Mochamad Nurdin, Sik. Juga memberikan bantuan baju untuk wartawan Solok Selatan sebagai mitrapol yang diserahkan secara simbolis kepada ketua panitia pelaksana pelantikan ketua PWI. Sebab baju yang di sumbangkan akan dikenakan pada acara pelantikan ketua PWI nantinya.

Sementara, Ketua PWI Solsel, Hendrivon berharap sinergi dan kerjasama antara lembaga kepolisian dan awak media semakin meningkat di Solsel. “Semoga menjadi berkelanjutan dalam sinergi pemberitaan yang berimbang, terpercaya dan sebagai kontrol sosial ditengah masyarakat,” ujarnya.

 

LEAVE A REPLY