BERBAGI
gambar: RRI

BUKITTINGGI, REPORTASEINVESTIGASI.com

Penyaluran Beras untuk masyarakat prasejahtera (Rastra) di wilayah kerja Badan Usaha Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Bukittinggi hingga akhir Desember 2017 ini, telah selesai dibagikan pada tujuh Kota dan Kabupaten di wilayah kerja.

Hal ini disampaikan Kepala Bulog Sub Divre Bukittinggi Sultani, bahwa penyaluran Rastra tersebut, telah disesuaikan dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan selesai pada awal Desember 2017 lalu, dengan total penyaluran setiap bulan 1.485 ton.

“Jumlah KPM di wilayah kerja Bulog Sub Divre Bukittinggi tercatat  99.000, dengan rincian terbanyak di Kabupaten Pasaman Barat 23.987 KPM, Kabupaten Agam 23.612 KPM, Kabupaten Limapuluh Kota sebanyak 23.612 KPM, Kabupaten Pasaman 18.174 KPM, Payakumbuh 5.745 KPM, Bukittinggi 2.908 KPM, dan Padang Panjang 2.123 KPM,” jelasnya.

Menurut Sultani, sepanjang tahun 2017 total beras yang disalurkan Bulog Sub Divre Bukittinggi sebanyak 17.820 ton, dengan jatah 15 Kg per KPM, yang ditebus dengan harga Rp. 1.600 per Kilogram beras dengan kualitas medium.

“Dalam pendistribusian, Bulog bertanggungjawab mendistribusikan Rastra sesuai “delivery order” menuju titik yang telah ditentukan, sedangkan di titik bagi menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah di Kabupaten dan Kota masing-masing” katanya. Sementara itu, menurutnya untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah kerja Bulog Sub Divre Bukittinggi, diberlakukan pada Juli 2018 mendatang, namun belum ke seluruh wilayah kerja.

“Rencana pada Juli 2018 mendatang tersebut, kita laksanakan di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi dulu, sementara untuk Kota Padang Panjang dan Kota Payakumbuh dilaksanakan pada bulan Agustus. Sedangkan untuk Kabupaten Limapuluh Kota, Pasaman, dan Pasaman Barat masih menunggu kesepakatan dengan pimpinan daerah masing-masing,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY