BERBAGI

SURABAYA, REPORTASEINVESTIGASI.com

Sedikitnya 25 wartawan aktif dari sejumlah media massa yang berkantor di Propinsi Sumatera Barat, bersama 8 staf pendamping Humas Kominfo Kota Pariaman, yang tergabung dalam barisan mitra Pemko Pariaman menyambangi “markas besar” PT. Jawa Pos Grup Multimedia, Sabtu (16/12).

Kedatangan rombongan berjumlah 33 orang tersebut yang langsung menyerbu dapur redaksi Jawa Pos Grup, tak lain merupakan rangkaian kegiatan study komperatif wartawan atau study tiru yang telah diagendakan.

Kegiatan yang digagas jelang penutupan akhir tahun 2018 itu, lebih berkenaan dengan pembinaan terhadap wartawan. Harapannya, sebagai mitra Humas Kominfo Kota Pariaman, para wartawan yang bertugas di wilayah peliputan daerah itu, hendaknya dapat mengasah talentanya serta memacu potensi diri sebagai jurnalis, mengingat kompetensi media Jawa Pos Grup sudah malang melintang di jagad dunia internasional.

“Kita sengaja memilih kantor pusat Jawa Pos Grup, Graha Pena Surabaya, karena rating yang dilahirkan oleh maha karya Jawa Pos itu berada di level internasional. Sebagai kompetitor kelas dunia, kualitas Jawa Pos di bidang jurnalistik, di tiap kompetisi internasional telah menorehkan banyak penghargaan. Itulah yang ingin kita gali,” beber Nafizah, Kadis Kominfo yang tak canggung dengan suasana keakraban wartawan.

Seyogianya rombongan ini berangkat Jumat, (15/12) pagi pukul 9.00 WIB. Keberangkatan rombongan yang memilih berkumpul di kantor Balaikota Pariaman, sempat dilepas Walikota Mukhlis Rahman yang tadinya dijadwalkan ikut dengan rombongan, lantas kemudian mengurungkan niatnya.

“Saya tidak jadi berangkat karena nanti ada agenda penting bersama gubernur yang tidak bisa diwakili. Ya.., sekaitan dengan pengesahan APBD 2018 Kota Pariaman,” ujarnya.

Setelah diberikan pengarahan dari walikota, rombongan wartawan langsung menuju bandara BIM menggunakan bus dari Dinas Perhubungan.

Rombongan sampai di Bandara Juanda Surabaya diperkirakan sekitar jam 19.00 WIB. Dengan menggunakan jasa biro travel setempat, rombongan melakukan perjalanan dan bermalam semalam di hotel Ibis Surabaya City Center, yang berada di Jl. Basuki Rahmat No.94 – 96, Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya.

Keesokan harinya, Sabtu (16/12), rombongan melanjutkan agenda yang disepakati. Tak lama, usai sarapan dan chekout hotel pukul 8.00 pagi, rombongan study komparatif wartawan Pemko Pariaman bergegas untuk bertandang menyambangi kantor Graha Pena, redaksi Jawa Pos Grup Surabaya yang telah menanti kunjungan ini.

Bertempat di meja bundar kebanggaan redaksi yang terletak di dapur redaksi Jawa Pos Grup, gedung Graha Pena Surabaya, Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.88, Ketintang, Gayungan, Kota Surabaya. Kepala Liputan Jawa Pos Grup Arif Santosa, menerima jamuan dengan diskusi yang kira-kira berlangsung selama 3 jam.

Diskusi hangat redaksi Jawa Pos Grup dengan wartawan mitra Pemko Pariaman, di dapur redaksi Graha Pena Surabaya

Suasana kekeluargaan seketika hadir mengisi sejumlah pertanyaan. Rombongan wartawan “menguliti” Arief dengan pemberondongan pertanyaan seputar torehan prestasi Jawa Pos Grup nan gilang gemintang itu hingga pemasukan keuangan perusahaan. Tidak semua pertanyaan kameh dijawab Arief.

Seperti biasanya, di bagian akhir acara, Pemko Pariaman dengan redaksi Jawa Pos Grup saling tukar cinderamata. Dan ditutup dengan foto bersama yang hasilnya terbit di halaman 4 koran Harian Umum Jawa Pos, edisi Senin 18 Desember 2017, dengan cuplikan kalimat: “Kunjungan wartawan bersama Humas Kominfo Pemko Pariaman di redaksi Jawa Pos Grup, Surabaya”.

 

LEAVE A REPLY