BERBAGI

SOLSEL, REPORTASEINVESTIGASI.com

Dalam rangka mengisi kebutuhan angkutan umum di Kabupaten Solok Selatan, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Sekretaris Daerah H.Yulian Efi, menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Transportasi kepada 5 Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Padang Aro, Senin (11/12/17).

Bantuan yang diserahkan berupa 5 (lima) mikrobus transportasi dengan kapasitas 20-25 penumpang ke 5 BUMNag yang ada, yakni BUMNag Nagari Koto Baru, Pasir Talang Barat, Luak Kapau Alam Pauh Duo, Lubuk Malako dan Padang Limau Sundai.

Sekretaris Daerah dalam arahannya menyampaikan agar pengelolaan mikro bus pada beberapa BUMNag tersebut dapat dilakukan secara profesional, bertanggungjawab, dan sesuai dengan pedoman penggunaan yang telah ditetapkan.

“Kita tegaskan agar pemakaian mikrobus tersebut sesuai dengan peruntukkannya sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tegas Sekda.

Sekda juga menegaskan bahwa pemakaian bus ini akan dievaluasi secara berkala, sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani.

“Jika hasil evaluasi nantinya ditemui penyimpangan-penyimpangan, mikrobus tersebut akan kita tarik untuk digunakan oleh BUMNag lain, mudah-mudahan dengan adanya bantuan mikrobus ini dapat meningkatkan pendapatan bagi BUMNag yang ada,” harapnya.

Selanjutnya, Kadis Perhubungan Solsel, Armenses, mengatakan bahwa bantuan mikro bus diberikan kepada  BUMNag yang melayani bidang transportasi, yang kemudian mengusulkan proposal kepada dinas perhubungan untuk disetujui melalui alokasi Dana Alokasi Khusus.

“Setelah dilakukan kajian terhadap keberadaan BUMNag tersebut, maka kita putuskan untuk diberikan kepada 5 nagari tersebut. Trayek angkutannya pun telah ditentukan oleh Dinas Perhubungan. Seperti misalnya angkutan pada BUMNag Lubuk Malako beroperasi dengan rute Sungai Sungkai – Terminal Padang Aro,” tukas Armenses

Ketua BUMNag dari Nagari Padang Limau Sundai, Sangir Jujuan, yang menerima bantuan tersebut, Rian Iswandi (Sundai Mandiri Sejahtera) menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap bantuan yang telah diberikan.

“Terima kasih kepada Pemkab Solok Selatan. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi kami untuk lebih giat lagi berkarya untuk nagari melalui BUMNag,” ujarnya.

Iswandi juga menambahkan bahwa BUMNag yang dikelolanya juga telah melakukan bidang usaha-usaha lain, yakni; toko minuman, penyewaan molen serta usaha depot. “Alhamdulillah, ditambah dengan satu bidang lagi yakni bidang usaha jasa transportasi mulai hari ini,” tukasnya mengakhiri.

LEAVE A REPLY