BERBAGI

SOLSEL, REPORTASEINVESTIGASI.com

Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) ke-VIII Kabupaten Solok Selatan yang diselenggarakan sejak 24 November 2017, secara resmi ditutup di SMAN 5 Solok Selatan, Selasa (28/11).

Iven alek olahraga tingkat kabupaten ini menghasilkan Kecamatan Sungai Pagu keluar sebagai juara umum, setelah meraih 50 emas, 29 perak dan 24 perunggu.

Di posisi runer up diduduki Kecamatan Pauh Duo dengan 17 emas, 19 perak dan 20 perunggu. Sedangkan di posisi ketiga tuan rumah Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh (KPGD) dengan 15 emas, 23 perak 23 perunggu.

Kemudian Kecamatan Sangir Jujuan, hanya puas dengan raihan emas 13, perak 12 dan perunggu 14. Menyusul Kecamatan Sangir Batanghari, yang mendapatkan emas 13, perak 8 dan perunggu 15. Peringkat selanjutnya diraih Kecamatan Sangir Balai Janggo, emas 3, perak 5 dan perunggu 6.

Porkab yang sudah berlangsung selama lima hari tersebut, memperebutkan 122 emas dari 15 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan ditambah dengan 2 cabor eksibisi.

Camat KPGD yang juga sebagai ketua pelaksana Porkab VIII, Syahrul Munir mengatakan, pelaksanaan Porkab tersebut berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Namun ia menyarankan untuk pelaksanaan Porkab selanjutnya, agar peserta dikarantina pada satu tempat sehingga memudahkan pelaksanaan acara.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan menyebutkan dengan adanya Porkab akan banyak melahirkan bibit-bibit baru untuk atlet Solok Selatan yang bermunculan kedepannya.

Dan ia juga memuji kesiapan panitia dalam mempersiapkan sarana dan prasarana yang telah dipersiapkan oleh Kecamatan KPGD sebagai tuan rumah. Menurut Mario, bagi kecamatan yang telah pernah menjadi tuan rumah Porkab berarti kecamatan tersebut sudah memiliki pengalaman. Dengan demikian ia yakin akan bisa menjadi tuan rumah untuk Porprov nanti.

“Kita optimis, Solok Selatan akan mampu menjadi tuan rumah Porprov Sumatera Barat 2022,” ujarnya.

Sedangkan untuk tuan rumah Porkab berikutnya, Mario mengatakan KONI sudah menerima usulan dari Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Pauh Duo.

“Untuk tuan rumah Porkab 2018 nanti akan kita bicarakan terlebih dahulu,” tukasnya.

 

LEAVE A REPLY