BERBAGI
TdS 2017 (foto : Panitia Pelaksana TdS)

SOLOK SELATAN, REPORTASEINVESTIGASI.com

Keberuntungan berpihak kepada seluruh pebalap dan official Tour de Singkarak (TdS) di etape V. Sebab, sebelum mencapai finis di Padang Aro, Solok Selatan (Solsel), mereka disuguhi keindahan alam dan keelokan pesona nagari berjuluk ‘Saribu Rumah Gadang’ (SRG). Karena etape V TdS 2017 ini ditempuh dengan jarak 153,2 km yang dimulai dari Kota Solok.

Masyarakat dan pelajar Solsel antusias melihat aksi para pebalap nasional dan internasional yang berlaga itu. Bahkan, di area finis di depan kantor bupati Solsel, tumpah ruah dengan kehadiran segenap elemen stakeholder dan masyarakat guna menyaksikan helatan itu. Dalam gelaran ke sembilan TdS tahun ini, Solsel merupakan etape terberat bagi  pebalap. Selain itu juga menjadi destinasi wisata alam yang menarik bagi peserta. Menurut data yang dihimpun dari berbagai sumber, sejumlah objek wisata di Solsel akan menjadi daya tarik sendiri bagi peserta.

Pasalnya, saat memasuki Ulu Suliti peserta akan disuguhi gapura selamat datang, kemudian saat sampai di Balun peserta akan melewati Istano Rajo Balun dan kemudian sesampainya di Koto Baru pebalap juga melewati kawasan wisata adat SRG. Tak kalah menariknya, pemandangan di kebun teh Liki yang akan menyuguhkan keindahan pemandangan gunung Kerinci. “Masyarakat juga merasa terhibur dengan adanya TdS. Sepanjang rute yang dilewati disaksikan masyarakat dengan antusias,” kata Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria kepada awak media, Rabu (22/11).

Selain itu, Muzni menyebutkan, melalui TdS menjadi momentum memberikan informasi pariwisata Solsel termasuk kawasan SRG. “SRG telah dikenal secara nasional dan internasional, sehingga dengan adanya iven TdS semakin mempopulerkan SRG. Kami juga berharap tahun depan Solsel kembali dilalui TdS. Jika Solsel kembali dilalui TdS, kami akan mempersiapkannya lebih baik lagi baik dari segi pengerahan masyarakat, informasi serta infrastruktur,” ujarnya.

Pada finish etape kali ini, pebalap asal Venezuela, Yonnathan Monsalve yang memperkuat Qinghai Tianyoude Cycling Team berhasil menjadi juara dengan waktu tercepat 03:57:10 atau unggul empat detik dengan pebalap yang finis kedua, Khalil Khorsid dari Tabriz Shahrdary Team dan posisi tiga Daniel Whitehouse dari CCN dengan selisih lima detik.

Momen tersebut dihadiri Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria, Wabup H.Abdul Rahman, Ketua DPRD, Sidik Ilyas, Wakil Ketua DPRD, Armen Syahjohan dan Ali Sabri Abbas. Sekdakab Solsel, Yulian Efi. Kapolres Solsel, AKBP M.Nurdin, Kajari Solsel, M.Rochmadi, Pabung Kodim 0309 Solok, Mayor Info I Nyoman P Pasa dan kepala OPD se-Solsel dan tokoh masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas berharap dengan iven TdS di Solsel mampu menjadi ajang promosi pariwisata daerah yang berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri. “Kami juga mengucapkan terimakasih pada masyarakat Solsel yang telah mendukung Iven tersebut dan mampu menahan diri serta tertib berlalulintas hingga acara berakhir sukses,” tutupnya. (Deno)

LEAVE A REPLY