BERBAGI

TANAH DATAR, REPORTASEINVESTIGASI.com

Sebanyak 54 wali nagari terpilih pada pilwana lalu dilantik oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma, Senin (13/10) di Gedung Suri Maharajo Dirajo, Batusangkar.

Pelantikan wali nagari terpilih tersebut berbaris secara bersama didampingi Ketua TP-PKK Nagari masing-masing nagari di Gedung Indo Jolito karena pada saat tersebut juga akan menerima mandat dari Ketua TP-PKK Kabupaten.

Pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim, Kepala DPMD Provinsi Sumatera Barat Syafrizal, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra beserta Anggota, Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Ketua TP-PKK Ny. Emi Irdinansyah, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma dan pejabat lainnya, sembari diiringi gandang tasa, hingga disambut prosesi adat penampilan silat, tari pasambahan.

Prosesi pelantikan berlangsung khitmat, satu persatu wali nagari dipanggil untuk menandatangani berita acara sumpah jabatan dan menerima pemasangan lencana jabatan wali nagari dari Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Pada kesempatan tersebut juga dilantik Ketua TP-PKK Nagari ke 54 Nagari tersebut oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah.

Ketua Pelaksana Pemilihan Wali Nagari Drs. Hardiman sampaikan semua tahap telah dilalui mulai tahap awal seleksi calon wali nagari, launching pilwana serentak pada bulan Juli lalu dan pemilihan secara serentak pada bulan September dan pada saat ini November dilakukan pelantikan wali nagari terpilih.

Dari 54 wali nagari yang lantik hanya 52 yang dilantik serentak hari ini karena dua wali nagari berhalangan yaitu Wali Nagari Cubadak Asri Zalis sedang melaksanakan ibadah umroh dan Wali Nagari Barulak Syafrizal. A sedang sakit, ucap Hardiman.

Ketua TP-PKK Ny. Emi Irdinansyah sampaikan bahwa, “PKK adalah punya peran penting dalam pembangunan daerah jadi harus didukung oleh semua unsur bak di nagari maupun di kabupaten,” ucapnya.

“Gerakan PKK maupun kelompok Dasawisma merupakan terdepan dalam menunjang kesehatan keluarga. Dalam hal meningkatkan perannya perlu pembinaan untuk dapat meningkatkan kemampuan kader dalam hal penyuluhan 10 program pokok PKK di nagari maupun kabupaten,” sebut Emi.

Ketua DPRD Anton Yondra pun harapkan, “Dana pokok pikiran dewan yang hingga ini masih ada yang belum terlaksana agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-sebaiknya,” ucap Anton.

Kepada 54 Wali Nagari yang baru saja dilantik ia ucapkan selamat mengemban tugas baru, mari perhatikan kepentingan masyarakat dan bekerjalah dengan sebaik-baiknya, ucap Hendra.

Sementara itu Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya sampaikan, “Bahwa pemilihan wali nagari yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dari awal tahap seleksi yang dikuti calon-calon bahkan ada di beberapa nagari calon ini melebihi kuota yang ditetapkan panitia pencalonan, sehingga harus dilakukan seleksi ulang untuk menyesuaikan kuota tersebut, ini membuktikan semangat untuk membangun dari masyarakat dan generasi muda di nagari sangat tinggi, bukan indikasi karena uang atau banyaknya dana yang masuk di nagari saat ini,” sebutnya.

“Kita berharap kepada wali-wali nagari yang baru saja dilantik ini agar dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, jangan sampai tersandung hukum, pelaksanaan kegiatan di nagari dapat terlaksana dengan baik, dan pelaloran pun harus selesai tepat waktu,” ucap Zuldafri.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kepala DPMD Provinsi Sumatera Barat Syafrizal, berikan ucapan selamat dan apreseasi Pemkab Tanah Datar karena ini yang pertama pelantikan wali nagari secara bersama di Sumatera Barat dilaksanakan.

Kepada wali nagari yang baru saja dilantik ia sampaikan harapan, “Untuk dapat menjalin kerjasama yang harmonis sesama wali nagari, dengan pemerintahan kecamatan maupun pemerintah daerah dikabupaten dan instansi vertikal, selamat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ucap Syafrizal. (Dayat)

 

LEAVE A REPLY