BERBAGI

SAWAHLUNTO, REPORTASEINVESTIGASI.com

Sebanyak 15 kuda akan mengikuti babak penyisihan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sawahlunto Derby XI khusus kelas 3 tahun jarak 1.500 M di gelanggang pacuan kuda Kandi Kota Sawahlunto, Minggu (19/11) nanti, untuk mengikuti  babak final  Minggu (3/12) mendatang.

Adapun kuda yang yang akan mengikuti babak penyisihan berhadiah total Rp150 juta ini adalah, kuda Selebritir, Bintang BTM, Ledies Quai, Ayu Kosesih, Yara Princes, Princes Akira, Ataya Guti, Jang Kandi di Race I sedangkan di Race II diikuti kuda Puti Koto, Jihat Arafa, Sako Biru, Perpeta King, Rubby Yunior, Ratu Chelsea dan kuda Bintang Berlian.

Ketua Bidang Pacuan Pordasi Kota Sawahlunto Adrius Putra menyatakan babak penyisihan yang digelar dua race ini harus digelar karna pada babak final hanya diikuti 12 kuda terbaik saja. Dan telah dilakukan drawing race untuk penentuan kuda yang akan berpacu.

“Persiapan untuk babak penyisihan telah dilakukan dengan drawing serta pengukuran kuda untuk penentuan race pacuan yang diikuti, sekaligus tahapan persiapan kelas yang akan dilombakan saat final nanti,” jelasnya Senin (13/11).

Dia menambahkan Kejurnas Sawahlunto Derby ini sudah menjadi kalender tetap Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) karna gelanggang Kandi salah satu gelanggang bertaraf nasional.

Sawahlunto Derby, jelas Adrius digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Sawahlunto tiap tahunnya. Dan Kejurnas ini akan menjadi ajang prestasi yang sangat dinanti-nanti para pemilik kuda, peternak serta groom khususnya bagi di Sumatra Barat karena pacuan kuda telah jadi perhelatan alek nagari di ranah ini “Dengan digelar rutinnya pacuan kuda akan lebih mengairahkan perkembangan peternakan kuda yang berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kunjungan pariwisata,” sebutnya. (Tum)

LEAVE A REPLY