BERBAGI
Penyerahan hadiah ONH pada pemenang cabang Tilawah Dewasa Putra oleh Walikota Mukhlis Rahman

Seabrek prestasi berhasil diumbar Pemko Pariaman selaku tuan rumah ajang MTQ Nasional tingkat Propinsi Sumatera Barat yang ke 37, mewarnai predikatnya sebagai penyelengara, sekaligus mengharumkan wibawa Kota Pariaman sebagai pilot project penyelenggaraan MTQ kali ini. Selamat untuk Pemko Pariaman !!

 

PARIAMAN, REPORTASEINVESTIGASI.com

Predikat Pemerintah Kota Pariaman yang diperoleh dalam ajang perhelatan MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat yang berhasil meraih peringkat 2, patut diacungi jempol. Kesuksesan tuan rumah pada penyelenggaraan MTQ Nasional ke-37 tingkat Provinsi Sumatera Barat ini, tentunya merupakan kebanggan tersendiri bagi Pemerintahan Kota Pariaman dan panitia penyelenggara beserta seluruh masyarakatnya.

“Kita harapkan dengan penyelenggaraan MTQ kali ini, gema dan syiar Al-qur’an, dapat memberikan barokah bagi daerah dan masyarakat kita umumnya.” Sambut Walikota Mukhlis Rahman yang disampaikan dalam acara penutupan MTQ, bertempat di mimbar utama MTQ, Pantai Kata, Jum’at malam (10/11).

Sambutan penutupan MTQ dari tuan rumah

“Kegiatan MTQ yang sarat dengan dengan syiar islam, akan menjadi mubazir jika tidak memberi bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat. Untuk itu dengan cara mempertahankan prestasi kita dapat pasca penyelenggaraan MTQ ini, setidaknya dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat kita,” pesannya.

Perlunya perhatian dan keterlibatan sungguh-sungguh, serta tanggung jawab dari seluruh komponen umat Islam dan jajaran pemerintahan daerah. Sebagai tuan rumah, dengan segala kerendahan hatinya wako menyampaikan permintaan maaf kepada semua pihak, baik tamu dan kafilah, apabila selama pembukaan sampai penutupan serta sambutan yang panitia berikan, belum maksimal.

“Tidak ada yang sempurna di dunia ini, karena itu apabila selama penyelenggaraan MTQ ini ada perlakuan yang tidak berkenan atas keaalpaan kami, baik penyambutan dan semua yang terkait penyelenggaraan MTQ, harap dimaafkan,” pinta Mukhlis.

Wako juga mengapresiasi dukungan dari Wagub Sumbar yang rutin memantau dan menghadiri setiap acara dalam penyelenggaraan MTQ Nasional tingkat Sumbar ke 37 di Kota Pariaman. Mulai rapat koordinasi, pengukuhan dewan hakim, pembukaan, sampai akhir kegiatan di penutupan malam ini.

“Semoga bimbingan dan perhatian Bapak pada ajang MTQ kali ini di Kota Pariaman, menjadi pemicu bagi kami, untuk dapat menyelenggarakan event-event lain skala Provinsi Sumatera Barat di Kota Pariaman, nantinya,” ujarnya berharap.

Lebih jauh Mukhlis Rahman juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forkopimda baik Provinsi Sumbar maupun Kota Pariaman beserta kepala daerah yang datang serta segenap panitia yang banyak membantu, sehingga ajang MTQ ini berjalan sukses.

“Sesuai moto kita untuk MTQ kali ini, selain sukses sebagai peyelenggara, kita juga sukses prestasi. Alhamdulillah kita dapat mewujudkannya, dengan diraihnya predikat runner-up. Alhamdulillah..,” ucapnya mengakhiri.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, banyak hal positif yang dapat diambil hikmahnya dari ajang penyelenggaraan MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar ke 37 di Kota Pariaman ini. “Selain mensyiarkan agama, ajang ini juga bisa untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, serta dapat menjadi kegiatan yang positif bagi generasi muda, dalam menangkal hal-hal yang negatif yang marak terjadi saat ini,” tukasnya dalam sambutan.

Wagub juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Kota Pariaman, yang sukses sebagai penyelengara MTQ terbaik, tersukses dan tersumarak dari MTQ-MTQ sebelumnya. “Baru kali ini, kami melihat sebuah penyelenggaraan MTQ yang dikonsep dengan sangat baik, mulai dari penampilan tari kolosal, yang mengangkat kesenian daerah dengan baik, serta tempat penyelenggraan yang sangat bagus dan indah, semoga hal ini dapat ditiru oleh daerah lainya nantinya,” ujarnya.

Belum lagi dengan penerapan aplikasi e-MTQ yang merupakan penerapan untuk pertama kalinya di Sumatera Barat, MTQ ke 37 di Kota Pariaman inilah pelopor pendaftaran MTQ, yang mengunakan dan menerapkan aplikasi e-MTQ. Nasrul Abit juga meminta kepada anggota DPR RI, John Kennedy Azis yang saat ini duduk di Komisi VIII yang bermitra dengan Kementerian Agama RI, untuk dapat menunjuk Provinsi Sumatera Barat dalam ajang MTQ Nasional di tahun 2020 mendatang.

Yang menarik pada kesempatan ini, Wako Pariaman memberikan Ongkos Naik Haji (ONH) kepada pemenang cabang Tilawah Dewasa baik putra maupun putri, dan doorprice uang 15 juta rupiah bagi 3 orang yang beruntung dari anggota DPR RI, John Kennedy Azis. (J/IDM)

 

LEAVE A REPLY