BERBAGI

SAWAHLUNTO – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota sawahlunto akan mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) untuk para Pembina di pangkalan Gugus Depan (Gudep), Satuan Karya (Saka) dan calon Pembina di sekolah SD, SLTP dan SLTA.

Kegiatan yang diawali membekalan materi, ceramah dan diskusi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) mulai Jumat – Minggu ( 27-29/10) mendatang dan dilanjutkan praktek perkemahan selama 3 hari. Wakil Ketua Kwarcab Sawahlunto Refjhon menyatakan kegiatan KMD yang diikuti 40 pembina ini merupakan kegiatan tahunan dalam menghasilkan Pembina yang lebih trampil dan memilki modal dasar dalam pembinaan kepramukaan.

“Peserta akan mendapatkan pembinaan mental, fisik, intelektual, emosional, sosial serta kreatifitas sesuai golongan peserta didik Siaga, Penggalang dan Penegak yang bertugas sebagai pendidik yang berkualitas dalam membina anak didik,” jelas Refjhon Rabu (18/10).

Dia menambahkan karena kondisi pembinaan dan pengembangan kepramukaan dituntut terus berinovasi. Sehingga diperlukan adanya pembina pramuka mahir yang bertugas sebagai pendidik.

Dalam kegiatan ini, sebutnya para Pembina mendapatkan pendalaman materi dalam membina peserta didiknya. Diberikan dengan diskusi, praktek lapangan, penugasan serta pengembangan materi inovasi pembinaan. “Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan pembinaan kepramukaan yang berbasis gugus depan akan lebih meningkat lagi serta inovasi serta kreatifitas pembinaan yang terus berkembang,” pintanya. (tum)

LEAVE A REPLY