BERBAGI

ROKAN HILIR – Salah satu figur muda Rokan Hilir, Muhammad Maliki berazam untuk turut memberikan kontribusi positif dalam membangun daerah kedepannya dengan istilah “Bolo Kampung”.

Dalam perbincangan santai dengan sejumlah wartawan, Maliki mengemukan berbagai ide dan pemikiran besar yang ada, Jumat (20/9/2019).

“Intinya bagaimana dapat berperan untuk membenahi Rokan Hilir,” ungkap Maliki. Maliki menguraikan untuk membenahi cara sistimnya yang belum pas dalam perspektif antara lain ekonomi kreatif, sehingga tumbuh kemandirian bagi masyarakat, tidak bergantung terus dengan pemerintah,”katanya.

Kemudian kata Maliki, pengembangan pariwisata, terutama di destinasi yang sangat menjanjikan seperti Pulau Jemur, Pulau Tilan, Danau Napangga dan sebagainya.

Untuk mendongkrak kunjungan, tak ada salahnya dilakukan subsidi atau dukungan dana sesuai keperluan. Selain itu keringanan ongkos untuk travelling ke destinasi wisata untuk wisatawan lokal atau regional sehingga diharapkan meningkatkan angka kunjungan setiap tahunnya.

Penempatan dan pengunaan tenaga honorer secara tepat sesuai kapasitas serta keperluan. Untuk rekrutmen harus sesuai dengan kapasitas, keperluan dinas, instansi serta kemampuan anggaran disisi lain sistem rekrutmen lewat seleksi yang ketat dan transparan.

Optimalisasi aset dan penataan termasuk pengunaan mobil dinas yang harus dilabeli dengan logo khusus agar bisa diketahui dengan baik oleh masyarakat terutama dalam hal pengunaannya. Membangun Islami Center Rohil (ICR), sebagai sebuah mimpi besar untuk mewujudkan nilai keislaman di Negeri Seribu Kubah. Untuk lokasi diproyeksikan di Pulau Pedamaran.

Selanjutnya menurut Maliki, adanya dukungan iven budaya maupun agama, maksimalisasi potensi ekonomi di kepenghuluan sehingga setiap kepenghuluan dapat tumbuh mandiri dan memiliki sumber Pendapatan Asli Kepenghuluan (PAK). Untuk ini bisa digiatkan lewat kegiatan pertanian, perkebunan, sektor ekonomi kreatif, pariwisata dan lain sebagainya.

Pemberdayaan masyarakat terhadap peran dan fungsi pers sehingga perlu digiatkan pelatihan peningkat kapabilitas jurnalisme warga.

Dalam kesempatan berbincang santai dengan kalangan wartawan itu Maliki melontarkan berbagai ide untuk pembangunan di Rokan Hilir kedepan.

Begitu juga dari kalangan pers memberikan tanggapan dan masukan sekaligus saran terutama berkaitan dengan peran yang ada di kalangan pers sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam upaya memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa lewat penguatan informasi.(harianto)

LEAVE A REPLY