BERBAGI

Painan,R1—Sebanyak 22 orang warga miskin di kecamatan Bayang Pessel menerima bantuan zakat dari Basnas Provinsi Sumbar. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam kunjungan kerjanya ke Pessel,Sabtu( 16/9). Bantuan tersebut merupakan kepedulian Pemda Provinsi Sumbar terhadap mereka yang membutuhkan, namun tidak disebutkan jumlah nominal terhadap para penerima.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kunjungan ini dalam bentuk silaturahmi dengan masyarakat. pihaknya berharap agar bantuan yang diserahkan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemda Provinsi dengan masyarakat daerah,diharapkan bantuan tersebut akan dapat meringankan beban masyarakat kecamatan Bayang. Dalam penyerahan bantuan zakat tersebut juga dihadiri oleh tokoh masyarakat DR Risnaldi yang juga anggota DPRD Provinsi Sumbar dan beberapa orang kepala OPD Sumbar,Bupati Hendrajoni diwakili Sekdakab Pessel Erizon,kepala Dinas Parawisata Pessel Zefnihan dan para wali nagari se kecamatan Bayang serta tokoh masyarakat.

Salah seorang tokoh masyarakat kecamatan Bayang Pessel DR Risnaldi mengatakan, masyarakat kecamatan Bayang Pesisir Selatan banyak yang mengeluh, jalan provinsi yang menghubungkan nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang Pessel dengan Alahan Panjang pembangunannya agar segera dirampungkan. Apalagi kondisi jalan sudah banyak yang rusak, terutama dari Pasar Baru menuju Muara Air pada beberapa bagian badan jalan aspalnya sudah terkelupas dalam kondisi jalan sempit, hal ini sangat membahayakan terhadap lalulintas.

Sekdakab Pessel Erizon menambahkan,kecamatan Bayang merupakan daerah yang dilalui oleh 2 sungai besar yaitu, sungai batang Bayang dan sungai Batang Lumpo, kedua sungai ini sering mengundang banjir, bahkan kondisinya memprihatinkan akibat arus aliran sungai tidak lagi lancar menuju muara akibat alur sungai yang berliku-liku perlu dilakukan pelurusan sungai, terutama pada daerah yang rawan banjir, sedangkan pekerjaaan normalisasai Batang Lumpo pada tahun ini baru pemasangan batu jetti untuk pengamanan Tebing sungai di Lubuk Kumpai kenagarian Pasar Baru, kelanjutannya akan dikerjakan pada tahun 2018 mendatang,tuturnya

Masyarakat merasa bangga dan lega, dalam kunjungan kerja Gubernur Sumbar akhirnya Bukit Bendera diresmikan sebagai kawasan objekwisata yang terletak di Kenagarian Talaok Bayang, kemudian menyempatkan diri menjajal puncak bukit Gunung Sigirik dengan mengunakan kendaraan roda dua jenis trail,kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai komonitas trail yang ada di Sumbar.*Rel

LEAVE A REPLY