BERBAGI

Painan,R1—Kantor Walinagari Saweh Laweh di kecamatan Bayang kabupaten Pesisir Selatan diresmikan pemakaian oleh Gubernur Sumbar Irwan Paryitno dan Bupati Pesisir Selatan Hendrjoni, peresmian kantor tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur dan Bupati Pessel, Sabtu (16/9).

Kegiatan peresmian kantor Walinagari Sawah Laweh tersebut dihadiri oleh beberapa orang kepala OPD provinsi Sumbar dan Daerah kabupaten Pessel Selatan, anggota DPRD provinsi Sumbar Dr Risnaldi, kepala Dinas Pariwisata Pessel Zefnihan,  muspika kecamatan Bayang, para wali nagari di kecamatan Bayang.

Gubenur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kantor yang megah ini  milik masyarakat dan dipergunakan untuk kepentingan masyarakat, kepada para perangkat nagari tentu akan bekerja lebih proaktif dalam melayani publik, gunakan fasilitas umum ini sesuai dengan kebutuhan Warga kenagarian Sawah Laweh.

Dengan adanya kantor yang refresentatif ini, masyarakat yang berurusan  tentu akan lebih aman dan nyaman, apalagi sudah memiliki kantor yang megah, sebelumnya pelayanan hanya dilakukan dirumah masyarakat, dengan adanya kebersamaan membangun antara masyarakat dengan pemerintahan nagari, akhirnya kendala pelayanan tersebut dapat diatasi.

Bupati Pessel Hendrajoni juga mengatakan hal yang sama, fasilitas umum ini agar dapat dipergunakan dan dimamfaatkan dengan baik, masyarakat juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara serta mengembangkan lebih baik di masa mendatang.

Walinagari Sawah Laweh Bayang Nasri A menjelaskan,terlaksananya pembangunan kantor merupakan keinginan masyarakat yang dituangkan dalam Musrenbang, sedangkan sumber dana pembangunan berasal dari dana Dapil anggota DPRD Provinsi Sumbar dan dana desa,meskipun pembangunan belum rampung secara menyeluruh,terutama pagar dan penataan lingkungan pekarangan kantor, namun masyarakat yang berurusan dengan pemerintahan nagari sudah lega dan nyaman, ulasnya.

Yang menjadi kendala saat ini, kondisi jalan masih dalam pengerasan belum memadai. Artinya, masih jalan tanah yang belum diaspal, jalan alternatif  ini menghubungkan nagari  Sawah Laweh menuju kenagarian Gurun Panjang melalui kantor wali nagari Sawah Laweh, dengan  kondisi jalan yang mulus tentu hubungan  kedua nagari bertetangga tersebut akan berjalan lancar, setidaknya membantu masyarakat dalam memperpendek jarak tempuh, Kata Nasri.*Rel

LEAVE A REPLY