Yusuf Lubis Buka MTQ Tingkat Kecamatan Lubuk Sikaping

60
BERBAGI


PASAMAN, RI-Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Lubuk Sikaping ke 48 tahun 2019 yang diitandai dengan pemukulan gong pada, Jumat (06/09).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD, Danny Ismaya beserta Anggota DPRD Pasaman Eka Hariani Sandra, Welly Suhery dan Rahmi Wahidah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Depag, Camat Lubuk Sikaping, Dorkopinca, Wali Nagari se-kecamatan Lubuk Sikaping, Ketua LPTQ Kecamatan, para dewan hakim, ninik mamak, alim ulama, tokoh masyarakat, official dan kafilah se-kecamatan Lubuk Sikaping serta undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Yusuf Lubis menyebutkan, lomba MTQ juga bertujuan untuk memusatkan perhatian pembangunan mental spritual atau moral peserta. Hal ini sejalan dengan Visi perintah kabupaten pasaman.

Selain itu, menurut Bupati, MTQ yang diselenggarakan di tiap-tiap Kecamatan di Pasaman ini juga untuk mencari para qori dan qoriah terbaik yang dimiliki masing-masing Kecamatan.

“Pelaksaan MTQ tingkat Kecamatan, Di Kecamatan Lubuk Sikaping ini yang terbaik dan termeriah, Kita berharap pada MTQ ke-48 di Kecamatan Lubuk Sikaping akan menemukan bibit terbaik yang nantinya akan diutus mewakili Kabupaten Pasaman dalam lomba yang sama tingkat Sumatera Barat,” terangnya.

Selain itu, MTQ juga dapat dijadikan sebagai ajang media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Gelaran MTQ, kata bupati, juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Al-Quran dalam rangka mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Ini juga wahana untuk membentuk generasi Qurani guna menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat yang agamais,”katanya.

Sementara Camat Lubuk Sikaping Aprizal mengatakan, “Kita berharap melalui MTQ ini, potensi-potensi yang ada di Nagari, terutama di anak-anak bisa dikembangkan, dan kita juga menargetkan generasi berikutnya akan menjadi Generasi Qur’ani, yang memahami Al-Qur’an dan mengamalkan Al-Qur’an,”ucap Aprizal.

Wakil Ketua DPRD, Danny Ismaya, menambahkan, kegiatan musabaqoh tilawatil Quran ini dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Quran ditiap kecamatan. Al Quran sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak akan pernah habis untuk digali dan dikaji.

“Al Quran harus dipelajari, dipahami lalu diamalkan. Al Quran harus menjadi landasan dalam hidup kita sehari-hari. Jangan pernah menjauhkan Al Quran dari kehidupan kita,” harapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Lubuk Sikaping. Sebab, kata dia, masyarakat, tua muda hadir pada pembukaan acara MTQ ini.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan acara MTQ juga berlangsung meriah.

“Ini menandakan bahwa masyarakat Lubuk Sikaping ini cinta akan Al Quran, penyelenggaraannya juga sangat memukau,” ucapnya.

(Rismainaldi)

Continue Reading

LEAVE A REPLY