BERBAGI

ROHIL – Wabup Rohil Drs H Jamiludin, mewakili Bupati Rohil H Suyatno, melantik 11 Pengawas Sekolah SD dan SMP, 4 Koordinator Wilayah (Korwil) SD dan SMP, serta 83 Kepala Sekolah (Kepsek).

Wabup Drs H Jamiludin, menyampaikan kepada Kepala Sekolah, Koordinator Wilayah (Korwil), dan Pengawas Sekolah se Rohil, agar meningkatkan dedikasi dalam bekerja.

“Tingkatkan dedikasi dalam bekerja, dan laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan sumpah jabatan yang saudara-saudara ucapkan,” kata Wabup Drs H Jamiludin, kepada para kepsek, korwil, dan pengawas sekolah se Rohil yang telah dilantik.

Wabup berpesan, pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.

Sebab itu, Wabup juga mengingatkan agar para kepala sekolah, korwil, pengawas sekolah, serta pihak terkait lainnya, juga memperhatikan pengembangan pendidikan berkarakter, dan penanaman jiwa kewirausahaan kepada peserta didik.

“Pendidikan karakter yang dimaksud untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun tanggungjawab, serta berbudi pekerti yang luhur. Sementara juga harus ada ikhtiar membekali keterampilan, dan kecakapan disertai dengan penanaman jiwa kewirausahaan,” ujar Wabup.

Wabup juga menegaskan bahwa pelantikan 83 kepsek, 4 korwil, dan 11 pengawas sekolah, sebagai sarana evaluasi, dan pengisian jabatan yang kosong di korwil, pengawas sekolah, dan kepsek yang sudah pensiun.

Korwil, sebut Wabup , mempunyai tugas secara penuh melakukan pengawasan akademik, dan sarana sekolah, di lingkungan Disdikbud Pemkab Rohil. Pengawasan sekolah juga, katanya, harus lebih memahami tugas, dari pada kepsek dan guru yang diawasi.

“Kepsek merupakan salah satu bagian penying dalam sistim dan struktur di lingkungan Disdikbud Pemkab Rohil. Kepsek harus menjalankan seluruh bentuk kegiatan di sekolah, baik kegiatan operasional, mau pun kegiatan non operasional, yang berhubungan dengan sekolah, dan strukturnya,” jelas Wabup.

Sebagai Kepsek, Koorwil, dan pengawas sekolah, sebut Jamiludin, harus siap hadir hadir di saat penting, dalam memaksa tidak professional sebagai kepsek.

“Tugas berat menanti anda dan kita semua. Peningkatan mutu pendidikan adalah pekerjaan rumah besar yang harus kita selesaikan bersama. Anda tidak bekerja sendiri tapi jika anda tidak berbuat tentu akan berimbas pada tidak tercapai kinerja pemerintah daerah dalam bidang pendidikan,” terang Wabup.

Kepsek, korwil dan pengawas sekolah, ujar Wabup, harus berperan aktif dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan pada sekolah di lingkungan kerja. “Kinerja saudara akan terus di evaluasi setiap saat. Hasil penilaian kinerja tersebut menjadi bahan pertimbangan apakah saudara layak atau tidak layak diberikan tugas selanjutnya,” ujar Wabup.

Pelantikan dan penandatanganan berita acara pelantikan dilangsungkan di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi. Turut hadir Kadis Dikbud Pemkab Rohil H Rusli Syarif, Kepala BKPSDM Pemkab Rohil H Roy Azlan, Kepala BPMD H Jasrianto, kepala Inspektorat Inspektur HM Nurhidayat, Bapemda Cicik Mawardi Azhar, KAdisduk Capil Basarudin, Kadis Satpol PP H Suryadi, dan banyak tamu undangan lainnya. (Harianto)

LEAVE A REPLY