BERBAGI


Pasaman, RI-Diduga kedepannya akan ada Potensi Gempa di Pasaman seperti yang terjadi Pada tahun 2007 yang kekuatan nya hanya 5.6 Skala Rechter, kecilnya aktifitas gempa tersebut dan tidak adanya sensor sehingga tidak terdeteksi dengan alat yang ada di Padang Panjang.

Terkait dengan hal itu BMKG untuk tahun ini akan memasang Alat Pendeteksi Gempa di kabupaten Pasaman pada pertengahan bulan September ini, ujar Irwan Selamat selaku kepala Yudisial Padang Panjang dan Kordinator BMKG Sumatera Barat.

Selanjutnya ia menambahkan, untuk kabupaten Pasaman akan di pasang dua ( 2 ) buah alat, masing masing di kecamatan Simpati dan kecamatan Mapat Tunggul.

Namun, untuk keamanan dari alat tersebut sengaja di pasang di halaman kantor Camat kedua Kecamatan, kedatangan Kordinator BMKG Sumbar ini di dampingi oleh kepala Dinas BPBD Pasaman Ricky Riswandi, Kabid dan Staf, di sambut hangat oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis di ruangan kerjanya Jumat siang 6 September 2019.

Bupati Pasaman dalam ruang kerjanya menyebutkan, atas nama Pemerintah Daerah kabupaten Pasaman sangat berterima kasih sekali kepada pihak BMKG karena telah memilih daerah ini sebagai tempat pendeteksian Gempa.

Dan dengan adanya alat ini akan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat, sehingga masyarakat akan dapat lebih waspada terhadap gempa dengan adanya alat ini.

Pemerintah Daerah akan membantu sepenuhnya rencana penempatan alat tersebut di Daerah ini , baik tempat maupun keamanan dari alat tersebut,”Ujar Bupati Pasaman.

(Rismainaldi)

LEAVE A REPLY