BERBAGI

PARIAMAN – Wakil Walikota Pariaman Genius Umar menghadiri dan melakukan diskusi bersama para penyuluh desa yang merupakan anggota Pos Penyuluh Desa/Kelurahan (Posluhdes/kel) Pertanian se-Kota Pariaman bertempat di Ruang Pertemuan UPT BPP Dinas Pertanian Kota Pariaman, Desa Taluak, Rabu (5/9).

Acara yang difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman yang di Kepalai Agusriatman ini juga menghadirkan Kepala Desa/Lurah se-Kota Pariaman, dan dihadiri Kepala DPM Kota Pariaman Efendi Jamal serta Camat se-Kota Pariaman.

Wawako Genius Umar menilai kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas/kemampuan pelaku utama dan pelaku usaha adalah dengan penumbuhan dan pengembangan Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) sebagai kelembagaan penyuluhan di tingkat desa.

Ia mengharapkan dengan adanya kelembagaan penyuluhan di tingkat desa diharapkan dapat mempecepat upaya peningkatan kemampuan masyarakat terutama pelaku utama dan pelaku usaha.

“Jangan biarkan Lahan atau pekarangan yang ada kosong, pergunakanlah lahan, ladang, atau pekarangan yang kosong tersebut dengan tanaman yang bermanfaat yang bisa menghasilkan sekaligus membantu masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga, untuk itu lah pentingnya peran penyuluh dan Kepala Desa mendampingi masyarakat dalam bidang pertanian ini,” ujarnya.

Kalau ini terwujud beliau yakin Kota Pariaman bisa jadi contoh praktek terbaik di Sumatra Barat karna penyuluh selalu tampil mendampingi masyarakat sehingga hasil pertanian bisa meningkat dan penghasilan pun bisa bertambah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan  Kota Pariaman, Agusriatman mengatakan tujuan acara ini di adakan adalah sesuai dengan peraturan Pemerintah atau Peraturan Menteri Pertanian dalam rangka meningkatkan pendapatan petani melalui posluhdes.

Karena, lanjut Agusriatman keberadaan Posluhdes merupakan salah satu kelembagaan penyuluhan baru yang perlu ada di setiap desa/ kelurahan dan sebelumnya belum pernah ada.

” Dan Alhamdulillah untuk Kota Pariaman Posludes/kel nya sudah terbentuk 100% dan merupakan Kota yang paling terdepan dalam pembentukan posluhdes ini,” pungkas Agusriatman.

Acara dilanjutkan dengan sistem dialog dan diskusi, serta peninjauan beberapa demplot pertanian yang ada di Kantor UPT BPP Dinas Pertanian Kota Pariaman oleh Wawako Genius Umar.

LEAVE A REPLY