BERBAGI

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pariaman tahun 2008, pernah mendapat pujian Gamawan Fauzi, yang pada waktu itu menjabat Gubernur Sumatera Barat. Ia memuji semangat demokrasi masyarakat Kota Pariaman dalam pelaksanaan Pilkada tersebut dan berjalan dengan sukses.

“Saya melihat dan memantau, betapa bergairah dan riuh rendahnya masyarakat Kota Pariaman saat Pilkada. Namun, ketika sudah ada pemenangnya, semua ikut mendukung. Ibarat Batabuik, saat Tabuik sudah dibuang ke laut, tak ada lagi permusuhan tapi yang justru semangat kebersamaan untuk saling mendukung,” ujar Gamawan Fauzi, sebagaimana yang ditulis dalam Buku Capaian Pembangunan 10 Tahun Kota Pariaman Tahun 2008 – 2018.

Lebih lanjut Gamawan, sapaan akrab Gubernur yang pernah jadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di masa Presiden RI SBY itu menuturkan, bahwa masyarakat Pariaman yang egaliter sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi. Jika perlu daerah lain belajar cara berdemokrasi ke Kota Pariaman.

“Namun demikian, kebanggaan masyarakat Pariaman itu hendaknya harus diiringi dengan peningkatan kualitas berdemokrasi secara kontinyu,” imbuh Gamawan.

Selain itu, Gamawan juga menyentil, agar tim sukses yang selama ini telah memberikan dukungan, jangan sampai membebani Walikota dan Wakil Walikota terpilih, saat itu : Mukhlis Rahman – Helmi Darlis, dalam menjalankan tugasnya. (***)

LEAVE A REPLY