BERBAGI

ROKAN HILIR – Ribuan warga Kota Bagan Siapi Api dan sekitarnya, sejak siang hingga sore kemarin, memadati hampir semua jalan-jalan protokol di kota ini, untuk menyaksikan karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia.

Cuaca panas tak membuat warga beranjak dari trotoar dan median jalan demi melihat satu persatu rombongan pawai melintas.

Karnaval HUT RI tahun ini diikuti ribuan pelajar tingkat SD, Madrasah, SMP dan SMA/sederajat se-Kota Bagan Siapi Api. Rombongan pawai ini sudah menarik perhatian warga sejak lepas start di depan kantor badan pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Pawai semakin semarak dengan adanya atraksi Barongsai dari etnis Tionghoa di Kab Rohil, serta penampilan sejumlah grup drum band, dengan seragam ala pahlawan, serta seragam tentara yang pernah menjajah Indonesia, seperti Belanda dan Jepang, juga menarik perhatian warga.

Selain pawai pejalan kaki, karnaval HUT RI, kemarin, juga dimeriahkan hampir 100 kendaraan hias milik instansi pemerintahan dan swasta.

Para peserta pawai pejalan kaki, mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah, pakaian haji, ada juga yang berpakaian seperti petani, ilmuan, dokter, polisi, dan TNI.

Di antara rombongan, ada yang mengusung berbagai tulisan seperti: “Adat yang berbeda, suku yang berbeda, bukan penghalang untuk persaudaraan kita. Mari menjaga adat dan adap budaya kita, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), sekaligus ketua panitia karnaval, melalui Kabid Olahraga Dispora Rokan hilir, menyebutkan, peserta pawai jalan kaki terdiri atas 140 regu. Tiap regu berjumlah 50 peserta. Sedangkan kendaraan hias melibatkan mobil dari Satuan Kerja Pemerintah Kab Rohil (SKPA). Rute yang ditempuh untuk pejalan kaki sekitar 6 kilometer, dan kendaraan hias.

Para warga tampak antusias mengikuti serangkaian acara karnaval sampai selesai, yang dimulai sekitar pukul 14.30. Para peserta karnaval dilepas Wakil Bupati Rokan Hilir Djamalludin, selaku pembuka acara pelepasan pawai, di dampinggi Sekda Rohil Surya Arfan, Kodim 0321, Kapolsek Rohil yang juga ikut dalam karnaval tersebut.

Kadis Dispora Ali Aspar menjelaskan, untuk pawai jalan kaki, yang menjadi penilaian adalah kekompakan, kebersamaan, dan keindahan. Sedangkan untuk mobil hias yang dinilai partisipasi dan substansi, yaitu sejauhmana mobil tersebut dihias dengan berbagai kreasi untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang tugas pokok dinas terkait.

“Tim juri berasal dari perguruan tinggi dan praktisi, kita berharap para juri dapat menilai secara objektif dalam penetapan juara sesuai kriteria yang ditetapkan. Sehingga nantinya tidak ada pendapat miring dari yang lain,” kata Musri.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari panitia, para pemenang dalam Karnaval HUT Ke-74 RI tersebut akan umumkan oleh panitia nantinya. (Harianto(

LEAVE A REPLY