BERBAGI

PARIAMAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman melakukan pembinaan kepada 71 orang Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang telah terbentuk di 71 Desa/Kelurahan se- Kota Pariaman di Aula Kantor Bersama Karan Aur, Selasa 31/07.

Kegiatan ini bertujuaan untuk meningkatkan dan memantapkan peran PPKBD pada masyarakat, serta menyebarluaskan wawasan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program Keluarga Berencana (KB),  telah dilakukan berbagai upaya penumbuhan, pembinaan dan pengembangan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP).

Hal itu dilakukan sebagai wadah peran serta masyarakat sekaligus sebagai mitra petugas lapangan melalui pembentukan kelompok IMP di tingkat desa, dusun dan RW/RT yang dinamakan dengan PPKBD.

Sekretaris DP3AKB Kota Pariaman, Guswirni Ali mengatakan bahwa pembinaan ini bisa meningkatkan kinerja PPKBD di lapangan dalam membantu mensejahterakan masyarakat, karena PPKBD adalah pilar utama dalam keberhasilan penyelenggaraan program KB.

Sementara  Kabid KB di Dinas P3AKB Kota Pariaman, Dian Amalius meminta kepada seluruh kader yang hadir untuk bisa bertanggung jawab dengan tugas yang telah di berikan. PPKBD adalah mitra utama dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam mengelola program KB dan juga sebagai ujung tombak bagi keberhasilan program tersebut di lapangan.

“Perlu adanya pendidikan dan pelatihan khusus bagi petugas PPKBD agar lebih mengusai materi tentangKB dan juga PPKBD bisa diperluas dalamlingkup kegiatan posyandu, dengan kegiatan-kegiatan pos pemberdayaan keluarga (posdaya). Semoga dengan adanya para petugas ini mampumenghidupkan kembali masyarakat untuk ber KB,” harapnya.

 

 

LEAVE A REPLY