BERBAGI

SIJUNJUNG, RI-Kabar baik datang dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat.Yunike Filmar, yang menjadi duta Kabupaten Sijunjung, menjadi terbaik di ajang pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019.


Perempuan yang akrab disapa Efil ini didapuk sebagai pemenang dalam pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pangan dengan pengembangan dan pengolahan Madu Galo-Galo.Dengan demikian, Yunike Filmar mewakili Provinsi Sumatera Barat ke ajang pemilihan pemuda pelopor Tingkat Nasional.


“Dari rapat di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Yunike Filmar tampil sebagai pemenang pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrineldi disela rapat persiapan pemilihan pemuda pelopor Tingkat Nasional di ruang rapat Dinas Parpora setempat, Jumat (26/7).


Pada pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat, sambung Afrineldi, Kabupaten Sijunjung mengirim dua pemuda pelopor, yakni Yunike Filmar, Bidang Pangan dan Riko Rifaldo Bidang Agama, Sosial dan Budaya.Sayangnya, Riko Rifaldo gagal mendapatkan tiket ke ajang pemilihan pemuda pelopor Tingkat Nasional.


Menurut Afrineldi, pemilihan pemuda pelopor Tingkat Nasional dijadwalkan pada awal September mendatang.Namun sebelum penilaian, sebut dia, Yunike Filmar harus melengkapi sejumlah administrasi terkait bidang pengembangan dan pengolahan Madu Galo-Galo yang dipeloporinya di Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok.


Administrasi tersebut, lanjut dia, sudah masuk ke Kementrian Pemuda dan Olahraga, paling lambat tanggal 9 Agustus 2019.” Untuk kelengkapan admninistasi ini, kami minta dinas terkait dapat membantu,” ucap mantan Kepala Bagian Umum Setdakab Sijunjung.


Sekedar diketahui, Yunike Filmar merupakan warga Nagari Lalan Kecamatan Lubuk Tarok.Efil mempelopori pengembangan dan pengolahan Madu Galo-Galo di Nagari Lalan sejak beberapa tahun belakangan.


Bahkan, pemanfaatan Madu Galo-Galo itu tidak saja menjadi penghasilan keluarga bagi Yunike Filmar, tapi juga menggerakan ekonomi tetangganya.


Kiprah, Efil mengolah dan mengembangkan Madu Galo-Galo membuatnya menjadi duta Provinsi Sumatera Barat Pemuda Pelopor Bidang Pangan Tingkat Nasional. Yosefin

LEAVE A REPLY