BERBAGI

(Kota Solok_ RI )”Dekatkan hati anak-anak kita kepada Masjid, Cintakan mereka kepada Al Quran. Maka Generasi penerus Kota Solok nantinya akan menjadi pemimpin yang kuat untuk kedepannya”. Hal itu disampaikan Wali Kota Solok H.Zul Elfian dalam rangka penilaian didikan subuh berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Masjid Iqrar Kelurahan IX Korong, Minggu (14/7).

Selanjutnya, kegiatan didikan subuh merupakan suatu gerakan terus menerus yang harus dilakukan, ini kegiatan penting dan maha penting yang harus selalu dilakukan guna menciptakan generasi yang kuat imannya. “Generasi kedepan harus kuat imannya. Kota Solok harus menciptakan anak-anak yang kuat imannya sehingga akan muncul pemimpin kuat dari Kota Solok untuk kedepannya,” lanjut H.Zul Elfian.

Apabila kegiatan keagamaan selalu digalakkan, Solok Kota Beras Serambi Madinah tentunya akan bersama bisa kita wujudkan. “Kita di Kota Solok didukung penuh oleh DPRD, lembaga adat, tokoh masyarakat serta seluruh elemen terkait guna mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah,” ujarnya. H.Zul Elfian juga mengucapkan rasa terimakasih kepada dewan juri dan jemaah yang hadir menyaksikan kegiatan didikan subuh.

Sebelumnya, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Syaifullah, mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Solok beserta jajaran, dan para orang tua yang telah antusias mengikuti didikan subuh kali ini. Lomba didikan subuh berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat sudah dimulai sejak tahun 2009. Penilaian yang dilakukan di TPA dan TPQ Masjid Iqrar IX Korong ini yang dilakukan seperti baca Al Quran, Pidato, Sholat Jenazah dan Dialog Interaktif yang tujuannya menggali sejauh mana kemampuan dari anak-anak mengetahui dengan baik tentang agama islam.

Adapun beberapa hal yang menjadi poin penilaian oleh tim penilai, dalam lomba didikan subuh berprestasi ini, yakni penampilan para santri yang dimulai dari penampilan wajib dan penampilan tambahan, kemudian partisipasi orang tua dan juga masyarakat sekitarnya. Tim penilai terdiri dari Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumatera Barat, Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Padang dan dari Biro Bintal Pemprov. Sumbar.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Solok Heppy Dharmawan mengatakan, selama ini Pemko Solok selalu memberikan motivasi dan terus memperbaiki rangking dalam penilaian didikan subuh berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. “Rasa terima kasih kepada unsur terkait yang telah banyak membantu dalam perbaikan kualitas didikan subuh yang diadakan di semua Masjid yang ada di Kota Solok,” ucapnya.

Plt.Kakan Kemenag Kota Solok H.Afrizen mengatakan, inilah salah satu ciri khas Kota Beras Serambi Madinah, koordinasi Pemko Solok dan Kemenag beserta Tokoh keagamaan berjalan dengan sangat baik dalam mewujudkan Solok Kota Beras Serambi Madinah. Kita juga sudah menyaksikan, bagaimana anak-anak belajar di MDTA sejak dini untuk cikal bakal pemimpin yang baik nantinya.

“Tidak hanya di Masjid Iqrar IX Korong, namun seluruh MDTA se Kota Solok telah bisa melakukan kegiatan didikan subuh seperti di Masjid ini, serta nantinya akan mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan,” sebutnya. (Nisha/HmsPro)

LEAVE A REPLY