BERBAGI

SAWAHLUNTO,RI – Sebanyak 3 Jabatan Kepala Dinas dilingkungan  Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, pasca mengambil sumpah jabatan pejabat eselon 2,3 dan 4 di lingkungan Pemerintahan Kota Sawahlunto di Aula Balai Diklat Tambang Sungai Durian Sawahlunto, Rabu (20/6) lalu, masih
kosong atau hanya dijabat oleh pelaksana tugas.
Ketiga jabatan Kadis itu adalah Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) yang ditinggalkan Efriyanto yang kini menjadi Asisten I Setdako, Kadis Arsip dan Perpustakaan yang ditinggalkan Azwen sejak 2018 karna pensiun serta Kepala Dinas Pol PP Damkar yang ditinggalkan
Nurwansyah Putra yang kini menjabat Kadis Perhubungan kota ini.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mawardi membenarkan masih adanya jabatan kosong yang hanya dirangkap pejabat.
” untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama atau setara eselon II ada mekanismenya dan harus ada rekomendasi dari Komisi ASN dan juga ada penerimaan pengumuman terbuka jabatan yang akan diisi” jelas Mawardi.
Mekanisme ini , jelas Mawardi yang juga menjadi terkesan agak lama pelantikan pejabat sebelumnya. Meski, dalam aturan mutasi boleh dilakukan bagi kepala daerah yang baru setelah enam bulan.
“ nantinya akan ada tahapan pengumuman terbuka dinama setiap jabatan pimpinan tinggi pratama minimal diikuti empat orang calon. Dan akan diajukan kembali persetujuan ke KASN, lalu dilakukan seleksi melalui Panitia seleksi (Pansel)” ungkap Mawardi.
Sekretaris BKPSDM Kota Sawahlunto Afrizon menambahkan untuk jabatan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) ata aturan khusus yang tertuang dalam UU 24 tahun 2014 tentang  Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
dan catatan Sipil.
“ jadi terkait pengisian jabatan yang ada dilingkungan dinas Dukcapil harus dikoordinasikan serta dikonsultasikan kepada Mendagri melalui Dirjen Dukcapil agar mendapat rekomendasi penempatan dan pejabatnya”jelasnya.
Sejak kepemimpinan Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Wawako Zohirin Sayuti dikota ini, telah dilakukan mutasi dan promosi jabatan, Rabu (20/6/2019) lalu.Dan disebagian jabatan masih bercokol pejabat lama. (Inv.02)

LEAVE A REPLY