BERBAGI

PAYAKUMBUH – Gelanggang Kubu Gadang Kota Payakumbuh kembali menggelar alek pacuan kuda yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) kota Payakumbuh – Kab.50 kota bersama Anak Nagari Tiaka. Iven Kejuaraan Lebaran Cup V digelar Sabtu – Minggu ( 30 Juni – 1 Juli) mendatang.

Pacuan kuda yang rutin tiap tahunnya digelar di saat libur lebaran diikuti 89 kuda dari kota dan kabupaten Sumatera Barat, DKI Jakarta, Riau dan Sumatera Utara.

Ketua Panitia Lebaran Cup Dhoni Piliang menyatakan, alek pacuan kuda yang digelar kerjasama Pemerintah Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota bersama Pordasi dan anak nagari Tiaka itu digelar dua hari.

“Selain kuda dari kota dan kabupaten di Sumbar, juga diikuti kuda berasal dari DKI Jakarta, Riau dan Sumatera Utara. Juga ada kelas tradisional dan lokal Payakumbuh-Limapuluh Kota, di antara race dan jarak tempuh kelas A, B, C dan D serta handicap,” jelas Dhoni.

Dia menambahkan, dengan digelarnya kejuaraan ini semakin meningkatkan gairah peternakan kuda di kota dan kabupaten Sumbar. Terlebih olahraga pacuan kuda sudah menjadi olahraga prestasi yang juga dilombakan pada PON di Jabar lalu.

“ karna masih suasana lebaran iven ini sekaligus jadi ajang silaturrahmi antar anak nagari, pengurus Pordasi di ranah ini serta upaya pengembangan dan peningkatan kunjungan wisata ” harapnya. (*)

 

LEAVE A REPLY