BERBAGI
Cuplikan video Refrizal dalam tausyiah singkat berjudul "Orang yang Tidak Merugi"

SIAPA yang tak kenal politisi ulung Refrizal? Tokoh elite partai yang malang melintang di percaturan politik nasional. Panas dingin suhu politik tingkat Indonesia itu, kian memantapkan Refrizal menjadi pribadi yang kokoh dan konsisten.

  • Oleh : Ikhlas Darma Murya, S.Kom (Wartawan Utama)

Lahir di PadangSumatra Barat20 Agustus 1959. Ia menjadi wakil rakyat dan duduk di kursi DPR RI melalui Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewakili Daerah Pemilihan Sumatra Barat 2 yang meliputi 8 Kota/Kabupaten (Pariaman, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh dan 50 Kota).

Dikutip dari Wikipedia, Refrizal oleh partainya ia ditempatkan di Komisi XI sejak April 2016, sebelumnya beliau ditugaskan di Komisi VI (2004-2016).

Di samping itu ia juga bertugas sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI pada periode 2009-2014. Saat ini Refrizal juga menjabat sebagai Executive Comitte (Exco) PSSI 2016-2020 dan Wakil Ketua Umum Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM), Ketua Umum DPP PKDP (Persatuan Keluarga Daerah Pariaman) Pusat.

Selaku elite partai yang berjibaku di pentas politik nasional, debut Refrizal diakui santer dan terbilang cemerlang. Tokoh oposisi asal PKS ini frontal mengkritisi kebijakan rezim pemerintahan Jokowi – JK.

Kritikan-kritikan tajam Refrizal tak jarang membuat lawan politiknya “kebakaran ekor”. Hal itu seringkali dipertunjukkan Refrizal di media-media mainstream nasional, baik media televisi, daring maupun cetak.

15 tahun lamanya ia berpolitik di rantau. Mengabdikan diri sebagai legislator di Senayan. Membuat Refrizal rehat sejenak dari kebisingan politik legislator. Asam garam dunia politik telah dikenyamnya. Selama 3 periode itu pula, Refrizal sukses mengemban amanah rakyat melalui lembaganya di DPR RI.

Sejatinya momentum ini, adalah modal besar bagi PKS untuk mengusung Refrizal dalam perlagaan Pilbup Padang Pariaman 2020-2025. Pulang ke kampuang, dengan mengabdikan diri sebagai calon pemimpin Padang Pariaman, tentu saja merupakan suatu kehormatan bagi masyarakatnya di ranah dan di rantau.

Terlebih, syiar agama yang tak jarang dia dakwahkan melalui tausyiah-tausyiah singkat, semakin dipandang masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kearifan lokal “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah” itu. Barangpasti nilai plus yang ada dikepribadian Refrizal tersebut, membuat balon-balon Bupati Padang Pariaman periode 2020-2025 lain yang tengah gencar diapungkan itu keder.

Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam video singkatnya yang penulis dapatkan di aplikasi WhatsApp, sewaktu acara The Vast Piaman Laweh Festival yang dihelat di Blok M Square, pada April lalu berpesan bahwa Refrizal adalah tokoh yang sangat aktif sebagai anggota dewan berlatar belakang pengusaha. Refrizal begitu banyak terlibat kegiatan memperjuangkan aspirasi masyarakat minang di Jakarta.

Demikianlah. Rivalitas Refrizal dalam menapaki kontestasi pemilihan Bupati Padang Pariaman merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu.

LEAVE A REPLY