BERBAGI

SAWAHLUNTO – Beberapa hari menjelang Ramadhan, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kota Sawahlunto makin ramai dikunjungi warga. Para peziarah ini tidak hanya datang dari Sawahlunto namun juga dari luar kota.

Seperti yang tampak di TPU  Air Dingin Kecamatan lembah segar kota Sawahlunto . Seorang peziarah, Masrial (43) mengatakan, rela datang jauh-jauh dari rumahnya di Tanjung Ampalu demi berkunjung dan berdoa di makam ibunya. Ia pun datang bersama keluarga dan adiknya yang berdomisili di Kelurahan Kubang Sirakuk Utara dengan menggunakan motor.

“Tiap tahun jelang bulan puasa selalu kemari, kalau sudah dari pemakaman singgah rumah adik sekaligus sillaturahmi” kata Masrial

Meski tak terlalu ramai, puluhan peziarah tampak silih berganti datang ke TPU tersebut. Seorang warga Aur Mulyo Sartono (38) yang tak jauh dari TPU itu mengakui bahwa jumlah peziarah pada tahun ini memang tidak sebanyak tahun lalu.

Para peziarah, lanjutnya, ramai berkunjung di waktu pagi dan sore hari. Mereka pun datang dari berbagai daerah. “ mungkin karna bulan puasa tinggal dua hari lagi jadi tak terlalu ramai yang berziarah, apalagihari ini terakhir ziarah karna besok puasa” jelas Sartono.

Pemandangan yang sama terlihat di pemakaman Dwi Lahan Sapan Kelurahan Durian II kecamatan Barangin. Di pemakaman ini, puluhan orang tampak berdoa di sekitar makam keluarganya.

Deretan sepeda motor milik peziarah pun tampak memenuhi parkiran yang ada di pemakaman tersebut. Hanya beberapa mobil yang parkir di pinggir jalan di luar kompleks pemakaman, terlebih cuaca sempat gerimis.

LEAVE A REPLY