BERBAGI

AGAM, REPINVESCOM

Seribu pebalap motor trail dari lima provinsi di Indonesia mengikuti Extrem Gunung Silayang (XGAS) I yang digelar oleh Loebas Belantara Motor Sport (LBM) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (1/4).

Ketua Pelaksana XGAS Bujang, kepada wartawan mengatakan, bahwa pebalap ini berasal dari puluhan klub asal lima provinsi yaitu Sumbar, Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau.

“Rute yang kita siapkan untuk pebalap cukup ekstrim melewati perbukitan, lembah dan sungai. Start dimulai di Sungaipua, Gunung Silayang dan finis di Sungaipua dengan jarak puluhan kilometer,” katanya.

Selain menantang, rute yang disiapkan menurutnya juga memiliki pemandangan yang indah sehingga pebalap juga bisa menikmati alam sembari melintasi lintasan extrem.

“Panitia menyediakan doorprize berupa satu kapling tanah, sepeda motor dan hadiah hiburan lainnya yang berasal dari sponsor. Kita juga memberikan hadiah kepada rider yang mampu menaklukkan tanjakan tertinggi,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa dana yang terkumpul dari uang pendaftaran, nantinya digunakan untuk pembangunan masjid, perbaikan jembatan dan jalan di Silayang, Kecamatan Lubukbasung. Jalan tersebut untuk membantu masyarakat setempat agar bisa membawa hasil pertanian dan perkebunan.

XGAS merupakan tranformasi dari kegiatan serupa yang pernah digelar pada 2012 yaitu Rang Agam Trail Adventure (RATA).

Sementara itu Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi memberikan apresiasi kepada LBM yang telah mengadakan kegiatan untuk memberikan kegiatan positif bagi generasi muda dan memasyarakatkan trabas ke masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat setempat yang mampu mengadakan kegiatan yang bernilai positif, salah satunya trail adventure.

“Kegiatan itu kita harapkan mampu mempromosikan destinasi wisata petualangan di Kabupaten Agam ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY