BERBAGI

PD. PARIAMAN, REPINVESCOM

Reses gabungan anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Dapil 3 Ulakan Tapakis yang terdiri dari Jempol dari fraksi Gerindra, Sukiman dari fraksi Hanura dan Syafrinaldi dari fraksi PKB di kantor kecamatan Ulakan Tapakis, ketiga anggota dewan tersebut merupakan putra terbaik Ulakan Tapakis karna ketiganya kompak dan bersinergi didalam memajukan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertenakan, camat, walikorong, pemuka adat, pemuda dan masyarakat Kecamatan Ulakan Tapakis. Acara ini di buka oleh Kepala Dinas Pertenakan Bustanul Arifin. Dalam sambutan nya dia mengatakan ketiga anggota dewan yang sedang menggelar reses ini menurutnya merupakan anggota dewan yang memperhatikan keadaan masyarakat Ulakan Tapakis.

Dinas Pertenakan, sebut Butanul, memiliki beberapa program yang meliputi : 1. Meningkatkan pruduksi daging program dari pemerintah dengan cara meningkatkan populasi ternak, sapi, kambing, jawi ayam; 2. Menjaga kesehatan ternak dan wajib melaporkan jika ada ternak yang sedang sakit; 3. Melindungi masyarakat dari penyakit ternak, “Sebagai contoh  apablia ada yang digigit anjing gila, flu burung jika ada ternak yang mati mendadak, masyarakat harus segera melaporkannya,” ujar Bustanul.

Yang ke empat, melindungi masyarakat dari penyakit antrak (penyakit kulit yang berasal dari hewan). “Jangan takut membawa ternak yang sakit karna didalam pengobatan dan pemberian vitaminnya tidak dipungut biaya semuanya gratis, dan program kawin suntik juga gratis. Dan untuk kelompok juga gratis. Nah, untuk bantuan sapi yang diperuntukan bagi kelompok, kami memiliki anggaran yang terbatas yang telah dianggarkan oleh anggota dewan, maka kami akan memilih kelompok mana yang pantas mendapatkan bantuan sapi tersebut,” jelas Bustanul, Jumat (23/3/2018).

Sementara anggota fraksi dari Partai PKB Syafrinaldi mengatakan tujuannya mengadakan reses gabungan dari putra terbaik Ulakan Tapakis yang dipercaya dan diberi amanah oleh masyrakat Ulakan Tapakis. “Reses gabungan ini merupakan kesepakan kita untuk mengadakan reses bersama yang di adakan di Kantor Camat Ulakam Tapakis dengan tujuan menyerap semua aspirasi dari masyarakat,” ujar Syafrinaldi.

Syafrinaldi juga mengatakan untuk tahun ini  sangat banyak dana yang masuk ke Ulakan Tapakis. Rencannya untuk tahun 2019 pemerintah akan menggelontorkan dana sekitar 22 miliyar rupiah yang diproritaskan untuk memperbaikan jalan. Karna menurutnya, jalan merupakan salah satu faktor penunjang lancarnya kegiatan perekonomian masyarakat.

“Kami bertiga berkomitmen akan memperjuangkan aspirasi dari masyarakat ulakan tapakis, termasuk memperbaiki jalan -jalan yang rusak yang patut kita perbaiki,” ujar Syafrinaldi.

Sedangkan Sukiman dari fraksi Hanura yang didampingi Jempol dari fraksi Gerindra mengatakan reses ini merupakan pertemuan anggota dewan dengan konstituennya di Dapil masing-masing. “Mengacu pada Pasal 373 suatu kewajiban anggota dewan menampung semua usulan-usulan dari masyarakat.
Bagaimana meningkatkan program yang mendorong untuk meningkatkan kehidupan masyrakat dan anggota dewan mimilki kewajiban untuk memperjuangkan dapil asal mereka,” ungkap Sukiman.

Sukiman juga mebambahkan banyak sumber dana untuk membantu masyarakat seperti  dana DAK yang merupakan dana dari pusat dana APBD dari tingkat satu dan dua dan dana nagari. “Di tahun 2019 dana yang masuk ke ulakan sekitar 22 muliyar dan akan di proritaskan untuk membangun jalan dari pauh kamba ka ulakan memakan biaya 7 miliyar yg bersumber dari dana BAK dan toboh ka pakasai juga 7 miliyar dan tidak hanya jalan kami juga akan memberikan bantuan sapi, dan memperbaiki infrastruktur lainnya,” ungkap Sukiman.

LEAVE A REPLY