BERBAGI

BUKITTINGGI, REPINVESCOM

Dalam rangka Hari Peduli Sampah, ASN Pemko Bukittinggi bersama warga masyarakat dan mahasiswa melakukan goro bersama di aliran Batang Agam Kota Bukittinggi Selasa (06/03). Pada goro bersama itu juga sekaligus persiapan penilaian Adipura untuk tahun 2018, yang mana salah satu titik penilaiannya tersebut adalah aliran Batang Agam.

Goro dimulai dengan apel bersama yang dipimpin langsung Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Ramlan mengatakan goro hari ini tidak hanya dalam rangka hari peduli sampah, tapi merupakan agenda rutin untuk meningkatkan pembersihan sampah.

Kali ini sengaja dipilih hari Selasa, bukan Jumat seperti biasanya. Goro membersihkan aliran Batang Agam karena banyak sampah dan material yang buat air macet.

Menurut rencana Wako Ramlan, setelah bersih akan dimasukkan ribuan bibit ikan. Tujuannya dibuat kolam ikan larangan atau jadi arena memancing siang malam untuk masyarakat sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan menyalurkan hobi.

Semetara Wawako Irwandi yang juga ikut serta bergoro menghimbau untuk peduli dengan lingkungan. Jangan lagi buang sampah ke saluran air, karena mendatangkan penyakit dan bencana. Kalau kita peduli lingkungan maka kita akan sehat

Kadis Lingkungan Hidup Supadria mengatakan, pembersihan aliran Batang Agam ini memang telah menjadi program khusus baik propinsi ataupun kota untuk menjaga aliran Batang Agam. Pelaksanaannya sudah masuk tahun ketiga. Sekaligus dilaksanakan untuk Hari Peduli Sampah Nasional dan penanaman 100 bibit durian montong dan 100 bibit mangga di beberapa tempat.

Terlihat dalam goro itu Wako Ramlan, Wawako Irwandi, Sekdako Yuen Karnova turun langsung ke dalam Batang Agam mengambil dan mengeruk sampah yang ada. Cukup banyak timbunan sampah yang masuk ke dalam aliran Batang Agam.

LEAVE A REPLY