BERBAGI

SOLSEL, REPINVESCOM

Proses pemilihan Duta Genre yang sudah berlangsung sejak tanggal 19 Februari sampai di puncaknya Rabu malam (21/2) digelar di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati.

Turut hadir dalam acara puncak tersebut Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria beserta Ibu, Sekdakab H. Yulian Efi, Asisten 1 Fidel Efendi, Kepala Dinas P2KB PP & PA Lora Ayahanda Putri, Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Syahruddin serta Perwakilan OPD.

Di saat yang sama H. Muzni Zakaria dan Ketua TP-PKK Hj. Suriati Muzni juga resmi dikukuhkan sebagai Ayah dan Bunda ‘GenRe’ Kabupaten Solok Selatan 2018.

Dalam sambutannya H. Muzni meminta Duta Genre bisa menjadi panutan bagi remaja dalam pengembangan diri, serta mempunyai karakter dan integritas.

“Duta Genre harus bisa menjadi panutan dan percontohan bagi remaja teman-temannya maupun lingkungannya karena mereka merupakan generasi muda yang terencana, dapat memahami dan terus meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilakunya ke arah yang positif,” kata Muzni Zakaria.

Dipesankan juga agar Duta GenRe yang telah berhasil pada pemilihan ini dapat juga mensosialisasikan kepada remaja teman-temannya baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya untuk dapat menularkan pengetahuan yang telah didapat selama karantina agar lingkungan juga dapat sama-sama  mengetahui, sehingga terbangun generasi muda yang cerdas, berbudi pekerti luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri dan berkarakter serta menjadi  remaja yang mempunyai masa depan yang baik.

Perwakilan BKKBN Sumbar Syahrudin mengingatkan remaja untuk tidak menikah dalam usia yang masih tergolong anak.

Menurut dia, usia yang paling pas untuk menikah adalah 25 tahun bagi pria dan 21 tahun untuk wanita.

“Usia ini dinilai paling pas untuk membangun rumah tangga sehingga bisa merencanakan semua hal dengan matang,” ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas P2KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lora Ayahanda Putri mengatakan pemilihan Duta Genre merupakan suatu ajang prestasi bagi generasi berencana dan promosi dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara berencana, berkarir dan bekerja secara terencana dan menikah dalam penuh perencanaan.

Terpilih sebagai Pemuncak Duta Genre yang bermottokan “Satu Tahun Menjabat Seumur Hidup Menginspirasi” untuk kategori putra pemenangnya adalah Masri Antoni dari SMA 7 Solok Selatan, dan Duta Genre Putri 2018 Sanah Alfani Sabri siswi SMA 2 Solok Selatan.

Sedangkan juara III Duta Genre Putra 2018 di raih M. Aldi Razak dari SMA 1 Solok Selatan. Sebelumnya M. Aldi Razak juga terpilih sebagai Uda Religy Solok Selatan 2017.

LEAVE A REPLY