BERBAGI

SIJUNJUNG, REPINVESCOM

Kawasan wisata Silokek Kabupaten Sijunjung terus berupaya berbenah menuju Kawasan Wisata Nasional Geopark yang ditandai dengan pencanangan Pengembangan Wisata Nasional Geopark , Kamis (8/2).

Pencanangan Kawasan Wisata Nasional Geopark oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin yang didampingi Wabup Arrival Boy serta Deputi III BPNB Harmensyah sekaligus peresmian jalan baru Muaro –  Silokek.

Deputi III BPNP Harmensyah berharap dengan peningkatan infrastruktur jalan yang menghubungi Muaro dengan Silokek diharapkan dapat memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat setempat, yang tadinya sempat terputus karena adanya bencana longsor.

“Jalan baru ini juga mampu membuka peluang bagi pengembangan ekonomi rakyat melalui berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah,” jelas Harmensyah.

Bupati Yuswir Arifin menyatakan pemkab telah dan sedang merancang berbagai program  diantarannya melalui pengelolaan pariwisata bagi pembangunan ekonomi rakyat. Terlebih, potensi alam Sijunjung yang eksotik, warisan geologi dan budaya serta keragaman fauna dan flauranya adalah asset bagi pengembangan program tersebut.

“Bekerjasama dengan Universitas Andalas pemerintah merancang Silokek Nasional Geopark. Dan kepada tim ahli Geopark Sumbar supaya lebih mendahulukan pembangunan dan pengembangan wisata Silokek.” Pinta bupati.

Ditambahkan tim pengembangan Geopark Unand Febrin Anas Ismail, ketiga nilai tersebut menjadi dasar bagi pengembangan nasional geopark di Kabupaten Sijunjung. “Karna konsep geopark sendiri mengacu pada pengembangan kawasan yang memiliki unsur – unsur geologi yang luar biasa di mana masyarakat berperan serta secara aktif melindungi warisan alam termasuk nilai-nilai arkeologi, ekologi dan budaya,” sebutnya.

LEAVE A REPLY