Rangkaian HPN: Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Irigasi Tanah Datar

77
BERBAGI

TANAH DATAR, REPINVESCOM

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Jorong Piliang Nagari Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (08/02), didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, dan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, membetot perhatian semua pasang mata yang memandang.

Rombongan Presiden datang tepat pada pukul 18.00 WIB disambut guyuran hujan lebat. Meski demikian, tidak mengurungkan keinginan Jokowi untuk melihat pembangunan irigasi persawahan yang merupakan implementasi dari program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), melalui kegiatan Padat Karya di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Di Kabupaten Tanah Datar sendiri, terdapat dua lokasi jaringan irigasi, yaitu: Program Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A) Kubu Pilihan dan Sinibuang. Jumlah pekerja di kedua lokasi irigasi ini melibatkan 150 orang pekerja.

P3-TGAI adalah bagian dari program infrastruktur berbasis masyarakat yang diluncurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dari petani pemakai air dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi di areal persawahan.

Untuk Sumatera Barat, Kementerian PUPR menganggarkan Rp 17 miliar dari 98 lokasi jaringan irigasi yang tersebar diantaranya: Kab. Agam, Dharmasraya, 50 Kota, Kota Padang, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Kota Solok, Solok Selatan dan Kabupaten Tanah Datar.

 

LEAVE A REPLY