BERBAGI

PARIAMAN, REPINVESCOM

Hari Jumat (02/2/2018), tutur Agusriatman pada media, telah melakukan rapat di Padang dengan dinas terkait, “Maka Dinas Pertanian meminta padi gogo sebanyak 400 hektar, kami meminta sebanyak itu karna kami takut masyarakat tidak kebagian, karna kami yakin masyarakat mempunyai lahan untuk ditanami padi gogo,” ungkap Kadis Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman, Agustriatman, Kamis (08/2/2017).

Agustriatman juga mengatakan akan memberikan bantuan padi dan jagung untuk petani, “Kami bersama Dandim dan Babinsa dan seluruh penyuluh pertanian telah turun ke lapangan dan memanggil kepala desa dan kelompok tani bagaimana padi gogo dan jagung ini bisa ditanami, karna prospek kedepannya sangat baik, dan kami juga telah berkeliling masih banyak lahan pertanian yang masih terlantar,” ucap Agusriatman.

Dia juga menjabarkan, untuk solusinya silahkan kepala desa kordinasi dengan Penyuluh Dinas Pertanian apa-apa saja yang di butuhkan. “Karna program itu tumbuh dari bawah, sampai saat ini belum ada kepala desa yang melaporkan apa yang diperlukan oleh pertaniannya, serta yang dibutuhkan oleh desanya khususnya di bidang pertanian insyaallah kami bisa menganggarkan,” tandasnya.

Karna program tersebut tumbuh dari bawah, dia mengharapkan kepada kepala desa dan kelompok tani selalu berkordinasi dengan penyuluh di lapangan, mengenai apa-apa saja kendalanya.

“Jika program dari atas ke bawah pola pikir orang-orang di pusat itu pasti berbeda nantinya tidak sinkron dengan kebutuhan kelompok tani. Serta apabila petani takut merugi maka silahkan masukan asuransi dengan persyaratan KTP dan data-data silahkan konfirmasi ke penyuluh, apa bila padi petani abis oleh hama wareng, dilanda banjir dan sebagainya maka akan di ganti rugi. Begitu sayangnya pemerintah kepada kelompok tani,” ujar Agus.

LEAVE A REPLY