BERBAGI

PARIAMAN, REPINVESCOM

Ketua Wanita Tani HKTI (Himpunan Kelompok Tani Indonesia) Kota Pariaman Lucyanel Arlym secara resmi melantik Dewan Pengurus Anak Cabang Wanita seluruh kecamatan di Kota Pariaman masa kerja 2018-2023 yang berlangsung di panggung pentas seni pantai Gondoriah, hari Kamis (1/2/2018).

Acara ini di hadiri oleh Wakil Walikota Genius Umar, HKTI pengurus pusat Trimurti Ilyas, Ketua HKTI Pariaman Syaiful Rizal dan semua Ketua Organisasi Wanita yang ada di Kota Pariaman.

Selesai acara pelantikan, Genius Umar mengaspirasi wanita yang ikut terjun didalam kemajuan Kota Pariaman di sektor pertanian.

“Banyak sebenarnya yang bisa di gerakan oleh wanita tani salah satunya memanfaatkan lahan perkarangan untuk ditanami tanaman dapur dan buah seperti cabe, mangga dan lain-lain untuk kebutuhan rumah tangga bisa di penuhi oleh tanaman perkarangan dan petani wanita juga bisa menanam tanaman apotik hidup jadi banyak sekali gunanya jika kita benar mempergunakan lingkungan dengan baik,” jelasnya.

Genius juga mengharapkan HKTI Wanita memilki kebijan langsung di tingkat Kota untuk mendukung kemajuan pertanian di Kota Pariaman dan begitu juga perwakilan dari kecamatan juga memilki kebijakan di kecamatan agar pertanian di tingkat kota lebih maju lagi.

Sementara itu Ketua HKTI Wanita Tani Kota Pariaman Lucyanel Arlym mengatakan perwakilan di tiap-tiap kecamatan harus bisa memamfaatkan keunggulan-keunggulan yang ada di tiap kecamatan nya. “Seperti di Kecamatan Pariaman Utara unggulnya pisang, dan Kecamatan Pariaman Timur jagung, maka kita harus bisa membuat nilai tambah agar produk ini bisa menjadi daya tarik pengunjung,” sebutnya.

Dengan sudah di lantiknya pengurus HKTI Wanita Kota pariaman yang baru sebanyak 150 orang, di harapkan pengurus dapat menjadi pelopor dan mendorong seluruh petani dan memamfaatkan perkarangan rumah untuk ditanami oleh tanaman yang dibutuhkan sehari-hari.

Ketua HKTI Kota Pariaman Syaiful Rizal mengatakan Kota Pariaman memiliki potensi pertanian diharapkan HKTI Wanita dapat berperan aktif didalam mendorong program pemerintah di bidang pertanian.

“Dengan memamfaatka lahan perkarangan rumah bisa menjadi pendapatan tambahan penghasilan bagi kelurga dan juga bisa dijual untuk menambah pendapat Kota pariaman,” jelasnya.

 

LEAVE A REPLY