BERBAGI

SAWAHLUNTO, REPINVESCOM

Asas adil dan merata yakni; pembangunan nasional yang diselenggarakan sebagai usaha bersama harus merata di semua lapisan masyarakat, dan di seluruh wilayah tanah air, di mana setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan berperan dan menikmati hasil-hasilnya secara adil, agaknya sulit terwujud di Kota Sawahlunto, bahkan agak timpang antar daerah atau kecamatan.

Pasalnya, di Kecamatan Talawi kantor desa berdiri megah dan sangat representatif karna dibiaya dengan APBD yang menelan hampir milyaran rupiah. Lain halnya di tiga kecamatan lainnya sepeti Kecamatan Lembah Segar, Kecamatan Barangin terlebih di Kecamatan Silungkang yang sangat butuh pembangunan kantor pelayanan publik seperti kantor desa dan kelurahan yang lebih baik.

Namun tak banyak yang dibangun lebih representatif. Mirisnya, kantor Camat Silungkang, sejak tiga tahun yang masih menumpang di kawasan Balai Bibit Ikan (BBI) di Muarakalaban. Dan beberapa kantor desa hanya melakukan renovasi ringan serta perbaikan.

Pesatnya pembangunan kantor yang lebih baik dan representatif dan terkait pembangunan kantor desa, Sekretaris Camat Talawi, Khairunas menyatakan dari 10 desa yang ada di Kecamatan Talawi sudah dibangun baru dan sangat representatif guna meningkatkan pelayanan masyarakat.

Setelah dibangunnya kantor Desa Tumpuak Tangah dan Bukit Gadang tahun 2017 lalu direncanakan tahun ini akan dibangun kantor Desa Talawi Mudiak. Sedangkan tahun 2016 telah dibangun kantor Desa Talawi Hilir, Batu Tanjung dan Desa Salak. “Dan untuk tahun selanjutnya telah diusulkan kantor Desa Sikalang dan kantor Desa Datar Masiang,” jelas Khairunas.

Di balik itu, pembangunan kantor Camat Silungkang menurut Asisten I Bidang Pemerintah Setdako Sawahlunto, Dedi Ardona, dalam APBD  tahun anggaran 2018 sudah disepakati akan dibangun kantor Camat Silungkang di Muara Kalaban. “Pembangunan kantor Camat Silungkang sudah tertuang di APBD 2018. Dan terkait lahan kawasan bangunan sudah disediakan di ruas jalan baru sebelum simpang tiga Muarakalaban,” sebutnya.

Sebelum menumpang di BBI Kantor Camat Silungkang berada di kawasan simpang tiga Muara kalaban yang kini berdiri Gedung Pasar Songket. Kondisi ruangan seadanya dan aktifitas pemerintahan ke kantor camat harus menempuh jalan ke kawasan BBI dengan infrastruktur jalannya belum baik, serta jarak yang semakin jauh atau sekitar 2 kilometer kawasan kantor lama.

LEAVE A REPLY