BERBAGI

TANGERANG, REPINVESCOM

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018. Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Tangerang menggelar workshop bersama dengan pengelola pimpinan media se Tangerang di Grand Tulip Hotel, Kamis (4/1/2018).

Dalam kegiatan workshop tersebut hadir puluhan pimpinan redaksi media cetak, online, dan elektronik, juga fasilitator Dewan Pers, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane menyampaikan sambutannya, workshop ini merupakan rangkaian sosialisasi dan kerjasama yang dilakukan KPU dengan media, sebagai jembatan komunikasi untuk mencari format terbaik dalam pemberitaan Pilkada di Kota Tangerang.

“KPU Kota Tangerang ingin program yang direncanakan berjalan sesuai dengan pelaksanaan. Makanya dalam beberapa kegiatan dilibatkan juga pihak media agar menjadi kontrol yang baik atas pelaksanaan tahapan dan program yang sesuai anggaran yang ditentukan,” sambut Sanusi.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Dewan Pers Ahmad Jauhar mengatakan agar pengelola media untuk melibatkan diri secara positif dalam proses pilkada serentak 2018.

“Pers harus menjaga integritas dan bersikap independen dalam melakukan peliputan Pilkada serentak tahun 2018, selain itu juga harus menjalankan fungsi sebagai lembaga kontrol sosial secara profesional dan transparan. Serta pengelola media dapat memisahkan kepentingan redaksional dan bisnis demi menjaga transparansi,independensi jurnalistik,” jelasnya.

Senada dengan itu Ketua Umum SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Teguh Santosa juga mengatakan bahwa media massa berbasis internet online saat ini sangat penting perannya dalam pemilihan umum, Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

“Sehingga masyarakat dan pers media memiliki tanggung jawab yang besar untuk menciptakan proses politik yang demokratis, konstruktif dan produktif bagi bangsa dan negara,” papar Teguh.

 

LEAVE A REPLY