BERBAGI

SOLOK SELATAN, REPINVESCOM

Menyusuri aliran sungai Batang Pulakek dengan tubing (arung jeram menggunakan ban karet) bikin ‘ketagihan’. Terutama, bagi penikmat olahraga atau wisata yang memicu adrenalin.

Objek wisata tubing, dewasa ini menjadi objek wisata yang populer di Solok Selatan (Solsel). Pasalnya, selain memberikan sensasi yang menantang juga mampu memicu adrenalin. Untuk pemula, tidak usah khawatir sebab ada pemandu dan alat keselamatan yang disediakan di lokasi buat pengunjung yang ingin mencoba.

Arus sungai juga tidak terlalu deras sehingga aman untuk pemula. Objek wisata tubing ini terletak di pinggir jalan nasional Solsel menuju Kerinci, Provinsi Jambi. Lokasi ini berada di Jorong Durian Tigo Capang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo. Sekitar 15 kilometer dari Muara Labuh, Kecamatan Sungai Pagu atau sekitar 137 km dari pusat Kota Padang, Sumbar. Lebar sungai kisaran 12-15 meter dengan kedalaman air yang bervariasi dengan alur berbelok.

Sesampainya di lokasi, pengunjung bakal disuguhkan pemandangan alam yang asri dengan udara yang sejuk. Aliran sungai terletak persis dipinggir perbukitan. Ada beberapa saung untuk pengunjung yang ingin bersantai serta dua toilet tempat mandi dan tempat mengganti pakaian.

Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria sudah tiga kali mengarungi sungai itu dengan panjang 1 km menggunakan tubing. Ya, ia ketagihan. “Saya kan orang kampung. Dulunya, waktu kecil sering begini, tapi dulu pakai batang pisang dan kelapa yang hampa. Bahkan hingga menyeberangi sungai dengan arus yang lebih deras. Jadi, suasana tubing ini sangat mengasyikkan dan mengembalikan memori tempo dulu,” kata Muzni, Rabu (3/1) di lokasi tubing.

Muzni menambahkan, jalur sungai sepanjang 1km itu tidaklah ekstrim buat pemula. Kecuali, apabila debit air tinggi. “Ini hiburan yang menarik. Jika debit air tinggi, untuk sementara tentu tidak digunakan dulu. Tapi, justru arusnya lebih lancar sebab bebatuan cenderung tertutup air,” sebutnya.

Untuk mempercantik jalur yang dilewati peminat tubing, nantinya Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria rencanakan pinggiran disepanjang sungai Pulakek akan ditanami pohon pohon seperti pohon beringin nantinya kalau sudah besar akar pohon tersebut kelihatan cantik. Tujuan dari penataan aliran sungai Batang Pulakek untuk memanjakan mata para peminat tubing kata Bupati Solok Selatan tersebut.

LEAVE A REPLY